Tips & Trik

5 Cara Praktis Mengganti Wiper Mobil

PUBLISHED DATE : 07 Mei 2023

Wiper Mobil

Ternyata mengganti wiper mobil tidak sesulit yang selama ini dibayangkan. Bahkan, Anda bisa melakukan penggantian komponen ini sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel. 

Ini merupakan salah satu komponen kendaraan yang perlu diperhatikan, terutama saat musim penghujan tiba. Walau mobil jarang digunakan, bukan berarti kondisinya akan tetap awet dan tidak perlu diganti. 

Lalu, bagaimana cara mengganti wiper yang rusak dan cara merawatnya agar awet? Berikut informasinya. 

Begini Cara Mengganti Wiper Mobil yang Mudah dan Praktis

Pada umumnya, Anda harus mengecek kondisi alat pembersih kaca mobil dan melakukan penggantian setidaknya setiap satu tahun atau 6 bulan sekali, tergantung dari kondisi fisik dan seberapa sering fitur ini digunakan. 

Jika terlihat rusak namun tetap dipaksa digunakan, maka kinerjanya akan semakin berkurang atau tidak maksimal. Bahkan, bisa jadi bagian kaca mobil akan tergores akibat gesekan yang terjadi antara kaca dengan wiper

Jadi, solusi satu-satunya adalah dengan melakukan penggantian bagian karet penyeka kaca tersebut. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin mengganti wiper mobil di rumah adalah sebagai berikut: 

 

  • Lepas Wiper Lama

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepas komponen yang lama terlebih dahulu. Caranya sama seperti saat mencuci mobil yaitu dengan mengangkat wiper ke arah atas terlebih dahulu. 

Perhatikan bagian sendi tempat bilah karet yang bertemu dengan lengan wiper yang berbahan logam. Pada bagian tersebut terdapat klip, penjepit, atau sumbat plastik kecil yang berfungsi untuk menahan bilah penyeka kaca tetap pada posisinya. 

Tekan klip atau bagian pengunci karet yang ada di bagian tengah wiper tersebut lalu dorong ke arah bawah sampai terlepas dari tangkai besinya. 

Saat proses mengganti wiper mobil berlangsung, pastikan satu tangan Anda memegang dan menjauhkan komponen ini dari kaca depan. Perlu diketahui, terdapat dua model wiper yang memiliki sedikit perbedaan dalam cara melepasnya, yaitu: 

  • Model Frame 

Baca Juga : Memahami Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kaca Film Mobil

Cara melepas wiper dengan model frame adalah dengan mengarahkannya ke bagian atas, lalu tekan flip penjepit tangkai yang ada pada frame. Setelah itu, dorong frame wiper ke arah bawah. 

  • Model tanpa Frame (Frameless) 

Cara melepas wiper yang frameless adalah dengan membuka pengunci pengaitnya terlebih dahulu lalu melepas wiper dengan cara mendorongnya ke arah bawah. 

Apapun model wiper yang ada pada mobil Anda, perhatikan posisi jatuhnya agar tidak menimpa kaca yang bisa menimbulkan baret atau retak. Untuk mengantisipasi hal ini, di bagian ujung tangkai wiper bisa dibungkus dengan menggunakan handuk atau lap tebal. 

Atau, bisa juga dengan meletakkan selembar handuk tebal di kaca untuk berjaga-jaga apabila lengan Anda menyentak kembali ketika sedang mengubah wiper

 

  • Cek Bilah Wiper yang Harus Diganti

 

Cara mengganti wiper mobil tidak hanya sekedar melepas dan menggantinya dengan komponen yang baru saja. Anda juga harus memperhatikan pembersih kaca depan mobil bagian mana yang harus diganti. 

Pembersih kaca depan mobil ini terdiri dari tiga bagian dasar, yang pertama adalah lengan bagian bawah dasar kaca depan yang memanjang. Bagian kedua adalah bilah/tangkai, terpasang di lengan bawah wiper yang terbuat dari logam atau plastik. 

Sedangkan bagian yang ketiga adalah bilah yang terbuat dari karet, berfungsi untuk menyeka atau membersihkan kaca depan mobil. 

 

  • Mengukur Wiper

 

Saat mengganti wiper, sebenarnya yang perlu diganti hanyalah bagian bilah karet saja yang telah usang karena masa pakai, cuaca buruk, serta pengaruh air. Selain melakukan pengecekan, Anda juga harus mengukurnya terlebih dahulu. 

Gunakan alat ukur seperti penggaris, meteran, atau pita pengukur untuk mendapatkan ukuran wiper secara pasti sesuai kebutuhan mobil, baik yang bagian kanan maupun yang kiri. 

Jangan berasumsi bahwa kedua bilah wiper memiliki ukuran yang sama. Pada umumnya, salah satu sisi bilah akan memiliki ukuran yang lebih pendek sekitar 2,5-5 cm. 

Jika mengganti wiper mobil dengan ukuran yang lebih pendek, tentunya kinerja dari komponen tersebut tidak akan maksimal ketika menghapus air atau kotoran yang menempel di kaca. 

Sedangkan jika terlalu panjang, maka antara wiper kanan dan kiri akan saling bertabrakan. 

 

  • Pasang Wiper Baru

 

Langkah berikutnya adalah memasang wiper yang baru di tangkainya. Pertama, angkat dan posisikan lengan wiper logam berdiri tegak lurus dengan stabil (setidaknya jauhkan dari kaca depan mobil). 

Lakukan secara berhati-hati karena lengan wiper mobil memiliki pegas atau per. Bagian ini bisa menyentak kembali apabila dilakukan secara sembarangan dan hal tersebut bisa membuat kaca depan mobil menjadi retak. 

Adapun cara mengganti wiper mobil baik yang model frame maupun frameless adalah sebagai berikut:

 

  • Model Frame 

 

Cara memasangnya adalah dengan memposisikan komponen yang baru ke ujung yang sama seperti saat menarik keluar wiper yang lama. Yaitu dengan memasukkan pengait atau flip penjepit yang terletak di tangkai dengan tangkai besinya. 

Setelah itu, putar dengan lembut, tekan dan dorong frame wiper ke arah atas hingga terdengar bunyi klik. 

 

  • Model tanpa Frame (Frameless) 

 

Baca Juga : 7 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat

Cara memasang wiper frameless adalah dengan membuka penutup rumah penyeka kaca dan memasukkan tangkai pengaitnya ke rumah wiper. Kemudian dorong alat pembersih kaca mobil tersebut ke atas hingga terdengar bunyi klik. 

Ini menandakan alat tersebut telah terpasang dengan sempurna dan Anda bisa menutup kembali rumah wiper.

Lakukan hal yang sama ketika akan memasang bagian yang kedua. Jika telah terpasang, terlebih dahulu bersihkan kedua karet wiper dengan menggunakan lap kering baru kemudian turunkan kembali ke kaca depan mobil secara perlahan. 

 

  • Pastikan Wiper Terpasang Sempurna

 

Langkah yang terakhir ketika mengganti wiper mobil adalah dengan memastikan bahwa alat pembersih kaca depan mobil tersebut telah benar-benar terpasang dengan sempurna. 

Pastikan bahwa bagian karet wiper tidak terlepas dari tangkainya yang bisa berakibat pada kerusakan di bagian kaca depan mobil. 

Cara memastikannya adalah dengan menggeser-geser bagian karet wiper. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kaca depan mobil sebelum menurunkan wiper

Tips Merawat Wiper agar Lebih Awet

Ketika wiper digunakan secara terus menerus tanpa ada perawatan yang memadai bisa membuat Anda harus sering menggantinya karena kinerjanya telah tidak maksimal. 

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat dan mengganti wiper mobil, diantaranya adalah: 

  • Lakukan pengecekan di bagian karet wiper secara berkala. 
  • Hindari memarkir mobil di tempat yang terlalu terik. 
  • Berikan pelumas di bagian poros wiper secara berkala agar tidak cepat aus dan putarannya tetap stabil (tidak lambat).

Kesimpulan

Itulah kelima cara yang bisa dilakukan saat akan mengganti dan merawat wiper mobil. Asalkan dilakukan dengan hati-hati, Anda bisa melakukan penggantian tanpa harus membawanya ke bengkel. 

Namun jika takut salah beli atau salah pasang, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi terpercaya atau walk in langsung ke dealer Suzuki untuk service di bengkel resminya. 

Bisa juga dengan cara menghubungi hallo Suzuki atau Anda dapat mengisi form booking service untuk mengganti wiper mobil melalui website resmi Suzuki

Berita Lainnya

Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang posisinya hampir sama dengan helm dan aksesoris keselamatan lainnya. Selain menahan sergapan angin selama berkendara, jak...

selengkapnya