Tips & Trik

5 Langkah Mudah Merawat Sistem Pendingin Mobil Anda

PUBLISHED DATE : 16 Januari 2023

Blog 9

Sistem pendingin mobil adalah berbagai komponen yang bekerja menjaga suhu pada mesin mobil tetap normal. Sistem ini akan bekerja ketika mesin mobil telah mencapai suhu tertentu.  

Untuk melakukan tugasnya, sistem pendingin sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti radiator, pompa air, thermostat, kipas radiator yang juga mempengaruhi fungsi ac mobil, tabung reservoir, selang radiator hingga tangki cadangan radiator. Agar bekerja dengan maksimal dan optimal, seluruh sistem pendingin Anda wajib dirawat secara teratur. Berikut adalah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sistem pendingin pada mobil. Simak rangkuman dari Suzuki Indonesia di bawah ini!

  • Periksa Filter Udara

Baca Juga : 5 Bunyi Mengganggu Pada Mobil Yang Harus Anda Perhatikan

Filter udara memiliki peran yang cukup besar terhadap sistem pendingin mobil. Seperti namanya, komponen ini berfungsi menyaring udara bersih ke sistem pembakaran. Jika filter sudah sangat kotor, tentunya kualitas udara yang masuk ke dalam mobil juga jadi menurun. Udara yang kotor ini tak hanya mengurangi performa sistem pendingin, tapi juga bisa menyebabkan mobil jadi boros bahan bakar. Lakukan pembersihan filter udara secara berkala, apalagi ketika masuk musim penghujan seperti saat ini. Sebab saat musim hujan filter udara cenderung berisiko tersumbat dengan puing-puing yang lebih besar. 

  • Parkir Mobil Di Tempat Teduh
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya