Tips & Trik

5 Cara Praktis Mengganti Wiper Mobil

PUBLISHED DATE : 07 Mei 2023

Wiper Mobil

Jika terlihat rusak namun tetap dipaksa digunakan, maka kinerjanya akan semakin berkurang atau tidak maksimal. Bahkan, bisa jadi bagian kaca mobil akan tergores akibat gesekan yang terjadi antara kaca dengan wiper

Jadi, solusi satu-satunya adalah dengan melakukan penggantian bagian karet penyeka kaca tersebut. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin mengganti wiper mobil di rumah adalah sebagai berikut: 

 

  • Lepas Wiper Lama

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepas komponen yang lama terlebih dahulu. Caranya sama seperti saat mencuci mobil yaitu dengan mengangkat wiper ke arah atas terlebih dahulu. 

Perhatikan bagian sendi tempat bilah karet yang bertemu dengan lengan wiper yang berbahan logam. Pada bagian tersebut terdapat klip, penjepit, atau sumbat plastik kecil yang berfungsi untuk menahan bilah penyeka kaca tetap pada posisinya. 

Tekan klip atau bagian pengunci karet yang ada di bagian tengah wiper tersebut lalu dorong ke arah bawah sampai terlepas dari tangkai besinya. 

Saat proses mengganti wiper mobil berlangsung, pastikan satu tangan Anda memegang dan menjauhkan komponen ini dari kaca depan. Perlu diketahui, terdapat dua model wiper yang memiliki sedikit perbedaan dalam cara melepasnya, yaitu: 

  • Model Frame 

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Tips Mengemudi Malam Hari

Cara melepas wiper dengan model frame adalah dengan mengarahkannya ke bagian atas, lalu tekan flip penjepit tangkai yang ada pada frame. Setelah itu, dorong frame wiper ke arah bawah. 

  • Model tanpa Frame (Frameless) 

Cara melepas wiper yang frameless adalah dengan membuka pengunci pengaitnya terlebih dahulu lalu melepas wiper dengan cara mendorongnya ke arah bawah. 

Apapun model wiper yang ada pada mobil Anda, perhatikan posisi jatuhnya agar tidak menimpa kaca yang bisa menimbulkan baret atau retak. Untuk mengantisipasi hal ini, di bagian ujung tangkai wiper bisa dibungkus dengan menggunakan handuk atau lap tebal. 

Atau, bisa juga dengan meletakkan selembar handuk tebal di kaca untuk berjaga-jaga apabila lengan Anda menyentak kembali ketika sedang mengubah wiper

 

  • Cek Bilah Wiper yang Harus Diganti

 

Cara mengganti wiper mobil tidak hanya sekedar melepas dan menggantinya dengan komponen yang baru saja. Anda juga harus memperhatikan pembersih kaca depan mobil bagian mana yang harus diganti. 

Pembersih kaca depan mobil ini terdiri dari tiga bagian dasar, yang pertama adalah lengan bagian bawah dasar kaca depan yang memanjang. Bagian kedua adalah bilah/tangkai, terpasang di lengan bawah wiper yang terbuat dari logam atau plastik. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Kapal

Perbedaan Kapal dan Perahu

Kapal dan perahu memiliki fungsi yang sama. Namun, nyatanya terdapat perbedaan kapal dan perahu yang belum banyak dipahami oleh semua orang. Padahal memahami hal ini sebenarnya san...

selengkapnya