Tips & Trik

5 Cara Praktis Mengganti Wiper Mobil

PUBLISHED DATE : 07 Mei 2023

Wiper Mobil

Sedangkan bagian yang ketiga adalah bilah yang terbuat dari karet, berfungsi untuk menyeka atau membersihkan kaca depan mobil. 

 

  • Mengukur Wiper

 

Saat mengganti wiper, sebenarnya yang perlu diganti hanyalah bagian bilah karet saja yang telah usang karena masa pakai, cuaca buruk, serta pengaruh air. Selain melakukan pengecekan, Anda juga harus mengukurnya terlebih dahulu. 

Gunakan alat ukur seperti penggaris, meteran, atau pita pengukur untuk mendapatkan ukuran wiper secara pasti sesuai kebutuhan mobil, baik yang bagian kanan maupun yang kiri. 

Jangan berasumsi bahwa kedua bilah wiper memiliki ukuran yang sama. Pada umumnya, salah satu sisi bilah akan memiliki ukuran yang lebih pendek sekitar 2,5-5 cm. 

Jika mengganti wiper mobil dengan ukuran yang lebih pendek, tentunya kinerja dari komponen tersebut tidak akan maksimal ketika menghapus air atau kotoran yang menempel di kaca. 

Sedangkan jika terlalu panjang, maka antara wiper kanan dan kiri akan saling bertabrakan. 

Baca Juga : Kunci Mobil Tertinggal di Dalam? Jangan Panik, Ini Cara Mengambilnya

 

  • Pasang Wiper Baru

 

Langkah berikutnya adalah memasang wiper yang baru di tangkainya. Pertama, angkat dan posisikan lengan wiper logam berdiri tegak lurus dengan stabil (setidaknya jauhkan dari kaca depan mobil). 

Lakukan secara berhati-hati karena lengan wiper mobil memiliki pegas atau per. Bagian ini bisa menyentak kembali apabila dilakukan secara sembarangan dan hal tersebut bisa membuat kaca depan mobil menjadi retak. 

Adapun cara mengganti wiper mobil baik yang model frame maupun frameless adalah sebagai berikut:

 

  • Model Frame 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya