Tips & Trik

Yuk Mengenal Fungsi dan Manfaat Kapal Tongkang Lebih Dekat

PUBLISHED DATE : 26 Maret 2021

Kapal Tongkang

Kapal tongkang berfungsi untuk mengangkut kargo yang bermuatan barang-barang. Sebelumnya, jenis kapal tersebut juga sering digunakan untuk alat transportasi atau pengangkut mobil menyeberang pada daerah yang belum memiliki jembatan.

Sekitar tahun 1960-1980, kapal tersebut banyak digunakan di beberapa pulau seperti Papua, Kalimantan, Sulawesi, hingga Sumatera. Beberapa puluh tahun lalu memang pembangunan jembatan yang layak di pulau-pulau tersebut masih sangat jarang sehingga memerlukan kapal ponton untuk transportasi.

Jika dilihat dari bentuknya yang seperti kotak terapung, kapal ini memang cocok untuk mengangkut barang. Barang-barang yang diangkut pada kapal biasanya dalam jumlah yang sangat banyak, dengan bantuan kapal tunda yang mendereknya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mengapalkan Barang dengan Tongkang

Sebelum barang-barang diangkut oleh kapal tongkang, ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh luput dari perhatian begitu saja. Ketelitian saat hendak mengapalkan barang dengan tongkang memang tidak boleh dilupakan agar barang dapat sampai ke tujuan dengan aman.

  • Rute yang Akan Dilalui

Apabila hendak berlayar untuk mengangkut barang, maka rute yang akan dilalui oleh tongkang perlu diketahui terlebih dahulu.

Pentingnya pengetahuan terhadap rute yang akan dilalui bertujuan untuk meminimalisir resiko perompakan maupun kondisi laut yang akan dilewati.

  • Sertifikasi serta Spesifikasi Kapal Tunda dan Tongkang

Baca Juga : Ternyata Banyak, Ini Jenis Perahu Nelayan di Indonesia

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan ketika tongkang akan digunakan adalah sertifikasi dan spesifikasi dari kapal tunda dan tongkang.

Kapal yang berlayar harus sesuai dengan standar yang berlaku, mulai dari usia, kapasitas, hingga daya yang dimilikinya sekaligus konfigurasi derek tersebut.

  • Survei Kelayakan Kapal berikut Perizinannya

Survei kelayakan kapal dan perizinannya sangat penting untuk dilakukan agar semua yang berada pada kapal tersebut dapat berlayar dengan aman sesuai dengan rencana.

Lembaga survei independen yang diakui wajib melakukan survey kelayakan kapal sekaligus perizinannya terlebih dahulu.

  • Awak Kapal yang Berpengalaman

Pada jenis kapal pengangkut barang, awak kapal yang berpengalaman juga menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya