Tips & Trik

Yuk Mengenal Fungsi dan Manfaat Kapal Tongkang Lebih Dekat

PUBLISHED DATE : 26 Maret 2021

Kapal Tongkang

Alangkah lebih baik apabila awak yang terlibat memang sudah paham betul dengan berbagai jenis kargo sehingga dapat mengatasi resiko buruk yang mungkin terjadi di perjalanan.

kapal

Mengenal Lebih Jauh Seputar Kapal Tunda

Setelah Anda mengenal lebih dalam tentang tongkang, berikutnya adalah informasi terkait kapal tunda yang juga perlu Anda ketahui. Kapal tunda adalah salah satu jenis kapal yang dapat melakukan pergerakan dengan cara mendorong maupun menarik jenis kapal lainnya.

Tenaga yang dihasilkan oleh kapal tunda memang sangat besar meskipun ukuran kapalnya yang tidak terlalu besar. Dari tenaga tersebut kapal tunda mampu menarik kapal lain seperti halnya tongkang, kapal yang rusak, dan beberapa peralatan lain.

Manfaat Kapal Tunda

Peranannya sebagai kapal penggerak tentu memiliki manfaat yang cukup penting terhadap lancarnya perjalanan kapal lain.

Kekuatannya yang bermanfaat untuk mendorong atau menarik kapal lain secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi kinerja dari kapal yang didereknya.

Spesifikasi Kapal Tunda

Baca Juga : 10 Nama Pelabuhan di Indonesia yang Ramai

Untuk sistem keselamatan yang digunakan pada kapal tunda minimal harus memiliki dua mesin induk. Kekuatan dari mesin induk yang digunakan berkisar 750 hingga 3000 tenaga kuda.

Apabila digunakan di laut lepas, maka dapat mencapai 25.000 tenaga kuda. Jenis mesin yang dipakai adalah mesin diesel.

Anda perlu mengetahui bahwa biasanya mesin yang digunakan untuk jenis kapal tunda tersebut merupakan mesin yang sama dengan kereta api. Perbedaan mesinnya hanya terletak pada baling-baling yang digerakkan di kapal.

Karakteristik dari Kapal Tongkang dan Kapal Tunda yang bisa Beresiko Tinggi

Kapal tongkang dan kapal tunda yang masuk dalam jenis kapal besar tentu harus memenuhi segala macam standar dan peraturan yang berlaku. Berikut ini adalah beberapa karakteristik pada tongkang dan kapal tunda yang dapat menimbulkan resiko tinggi.

  • Kurangnya Daya pada Kapal Tunda yang Menyebabkan Hilang Kendali

Apabila di perjalanan mengangkut barang kapal tunda memiliki daya yang kurang, maka resiko tinggi yang mungkin dihadapi adalah tongkang akan hilang kendali.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya