Tips & Trik

Yuk Mengenal Fungsi dan Manfaat Kapal Tongkang Lebih Dekat

PUBLISHED DATE : 26 Maret 2021

Kapal Tongkang

Dapat dibayangkan jika kapal yang ditarik hilang kendali dengan kondisi laut yang kurang stabil, maka barang yang diangkut akan terganggu.

  • Tidak Memenuhi Standar Maritim Internasional

Tongkang dan kapal tunda yang tidak memenuhi standar maritim Internasional juga dapat menimbulkan resiko yang tinggi.

Kapal yang tidak terawat namun tetap dipaksa untuk beroperasi hanya akan membuat kerusakan pada beberapa bagian lainnya dan dapat menghilangkan daya dorong.

  • Masuk pada Daftar Hitam Port State Control (PSC)

Resiko tinggi yang mungkin terjadi juga dapat ditimbulkan karena kapal dan pemiliknya masuk ke dalam daftar hitam diakibatkan oleh reputasinya yang buruk.

Oleh sebab itu, kapal yang akan beroperasi hendaknya telah memiliki riwayat inspeksi Port State Control (PSC).

Resiko Berlayar dengan Kapal Tunda dan Tongkang

Kapal besar pengangkut barang seperti tongkang dan kapal tunda seringkali harus mengalami resiko yang cukup besar selama dalam perjalanan. Di antara resiko yang cukup sering dialami oleh tongkang dan kapal tunda adalah sebagai berikut.

  • Tabrakan dengan Kapal Lain

Kemungkinan yang dapat menyebabkan kerugian pada tongkang dan kapal tunda adalah tabrakan dengan kapal lain.

Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Mesin Kapal Boat Saat Mengerem?

Biasanya tabrakan dapat terjadi apabila awak kapal melakukan kelalaian, alat bantu navigasi yang rusak, penanda yang kurang memadai, serta pengawasan navigasi yang kurang baik.

  • Kandas dan Karam

Kerugian berikutnya yang sering dialami tongkang dan kapal tunda yaitu kandas sekaligus karam.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kapal karam, di antaranya tali penarik yang rusak, belum diperbaruinya peta navigasi, kurangnya tenaga pada kapal tunda, juga karena mesin kapal yang rusak.

  • Perompakan dan Pembajakan

Perompakan dan pembajakan seringkali dialami ketika melintasi beberapa wilayah. Penyebab terjadinya hal tersebut karena pengamanan yang kurang memadai, pencegahan terhadap perompakan yang masih buruk, serta kurang matangnya perencanaan pelayaran.

  • Kebakaran Kapal

Tongkang dan kapal tunda juga sering mengalami kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran pada kapal.

Kebakaran kapal biasanya terjadi apabila kapal tidak dirawat dengan baik, awak kapal yang lalai, kurang memadainya alat pemadam kebakaran, hingga kebiasaan buruk yang sering melewati garis aman.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

54638764 S

Mengenal Apa itu Kapal Destroyer

Berdiri sebagai negara kepulauan, sudah seharusnya Indonesia memiliki pertahanan maritim yang bagus. Menggunakan alat utama sistem senjata seperti kapal destroyer menjadi sebuah ke...

selengkapnya