Tips & Trik

Sekoci Kapal Penolong, Jenis dan Perlengkapannya

PUBLISHED DATE : 27 Februari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/sekoci_kapal.jpg

Sekoci Kapal Penolong, Jenis dan Perlengkapannya

Pastinya Anda sudah sering mendengar kendaraan air yang bernama kapal laut. Kapal laut adalah alat transportasi yang dikemudikan nakhoda di laut.

Selain badan kapal, Anda juga perlu mengetahui perlengkapan yang selalu ada di dalamnya seperti sekoci kapal, mesin kapal, jangkar dan lainnya.

Baca Juga : Pantai dan Pesisir : Pengertian, Perbedaan, dan Manfaat

Membicarakan tentang sekoci sebagai salah satu bagian pelengkap kapal, sejauh ini banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya alat ini dan bagaimana fungsinya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak penjelasan lengkap seputar sekoci berikut.

sekoci_penolong

Pengertian dan Fungsi Sekoci Penolong

Sekoci merupakan salah satu jenis perlengkapan yang harus ada di dalam kapal laut karena perannya yang penting sebagai penolong di keadaan darurat untuk para awak dan penumpang kapal.

Baca Juga : Waktu Untuk Penggantian Oli Mesin Kapal dan Manfaatnya

Ketika berlayar di laut lepas, perlengkapan ini pasti dibawa dan tidak boleh tertinggal. Inilah alasan banyak kapal yang didesain dengan sekocinya sekaligus.

Nah, kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai sekoci penolong, yaitu sekoci yang didesain khusus dengan bentuk lambung terbuka dan ada petak-petak udara dalam bagiannya.

Sekoci penolong ini di desain dengan petak-petak agar bisa selalu mengapung di air dengan rongga petak yang terus terisi udara.

Baca Juga : Yuk Mengenal Jenis-Jenis Bahan Bakar Kapal Laut

Bentuk dan jumlah sekoci kapal selalu disesuaikan dengan ukuran setiap kapal laut. Hal ini berkaitan dengan kapasitas kapal dan kebutuhan penyelamatan yang berbeda. Letak sekoci sendiri biasanya ada di sisi badan kapal, baik sebelah kiri dan kanan.

Jenis jenis Sekoci Kapal

Selain mengetahui tentang pengertian sekoci penolong, Anda juga harus mengetahui tentang jenis-jenis sekoci. Ketika Anda mengetahui jenis-jenis sekoci, secara otomatis Anda akan mengetahui fungsi dan cara pemanfaatannya. Berikut beberapa jenis jenis sekoci penolong tersebut.

  • Sekoci Dayung

Secara umum, jenis sekoci ada 4 dan yang paling umum dipakai pada kapal-kapal pesiar atau kapal barang di laut adalah jenis sekoci dayung. Sekoci jenis ini dioperasikan sesuai dengan namanya, yakni memerlukan dayung agar bisa bergerak ke area aman.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sekoci berguna sebagai alat penyelamat dalam keadaan tidak terduga di laut lepas, dan sekoci dayung ini sangat sesuai. Akan tetapi, untuk menjalankan fungsinya Anda juga perlu bekerja ekstra dalam menyeimbangkan laju sekoci.

Kebanyakan sekoci dayung diperuntukkan bagi kapal penumpang dengan kapasitas dua sampai empat orang dan mereka harus saling bekerja sama dalam menjaga kestabilan sekoci. Untuk pemakaiannya, sekoci akan otomatis dikeluarkan dari badan kapal saat kondisi darurat terjadi.

Sekoci penolong dengan tenaga dayung ini tidak memerlukan bahan bakar dan seratus persen bergerak dari dorongan tenaga manusia. Jenis sekoci ini akan tetap stabil di air sampai bantuan datang, sehingga sering disebut juga sekoci keseimbangan.

  • Sekoci Bermotor Kelas A

Jenis sekoci berikutnya adalah sekoci bermotor kelas A. Seperti jenis sekoci sebelumnya, yang namanya sesuai pengoperasiannya, begitu juga dengan jenis ini. Sekoci bermotor kelas A ini digerakkan dengan memanfaatkan mesin mekanik.

Pemanfaatan mesin mekanik untuk membantu sekoci penolong yang bisa bergerak menyelamatkan awak dan penumpang kapal ini merupakan pengembangan dari jenis sekoci sebelumnya. Jenis ini didesain khusus agar penumpang tidak perlu kesusahan mendayung sekoci dalam penggunaannya.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya