Tips & Trik

Cara Merawat Mesin Perahu Tempel Agar Terhindar Dari Lumut

PUBLISHED DATE : 07 Oktober 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Sept-Blog-3-(1)-(1).jpg

Setiap harinya mesin perahu tempel atau motor tempel Anda harus bekerja di air asin maupun air tawar dalam waktu yang cukup lama. Kondisi perairan yang tercemar, belum lagi jika terdapat bagian-bagian pada mesin perahu atau motor tempel yang tergores memicu timbulnya gangguan korosi. 

Namun ada hal lain yang juga tak kalah harus diwaspadai oleh Anda pemilik motor tempel, yaitu ancaman lumut yang bisa tumbuh pada bagian motor tempel dan mengganggu performa. Munculnya lumut ini sendiri bisa terjadi akibat tercemarnya perairan di sekitar Anda. Agar terhindar dari risiko kerusakan akibat lumut, hal terutama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan mesin perahu tempel atau motor tempel Anda dengan benar. 

Ketika Anda merasa sebelumnya sempat melewati perairan yang berwarna hijau penuh dengan tumbuhan alga atau lumut, begitu selesai berkendara segeralah untuk mencuci mesin perahu Anda. Bilas seluruh bagian mesin perahu dengan menggunakan air tawar yang bersih untuk menghilangkan kotoran, lumpur, pasir dan sisa-sisa mikro organisme lainnya. Pastikan bagian yang rawan ditumbuhi lumut seperti bagian pompa saluran pendingin yang menghisap dan memompa air laut keluar untuk mendinginkan mesin tetap bersih dari kotoran. Tumbuhnya lumut pada bagian ini kerap kali tidak disadari sebab sifat pertumbuhannya juga akumulatif. Namun jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kerusakan mesin. 

Baca Juga : Tips Aman Modifikasi Pelek dan Roda Mobil

Ada 3 Cara Membilas Mesin Perahu Tempel Yang Efektif

Anda mungkin bisa membilas sendiri mesin perahu tempel Anda, namun perlu diingat jika ada bagian mesin kapal tempel yang sulit dijangkau untuk dibersihkan sehingga perlu beberapa alat khusus untuk membersihkannya. Berikut beberapa alat yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan motor perahu Suzuki kesayangan Anda. 

  • Menggunakan Flush Bag

Ini merupakan metode pembilasan bagian mesin kapal dengan memanfaatkan kantong flush bag. Seperti namanya, alat ini berbentuk seperti tas lipat yang kokoh yang bisa diisi air bersih dan kemudian ditaruh di bawah unit motor tempel. Air pada flush bag akan merendam kotak persneling dan ketika Anda menjalankan mesin air bersih akan terhisap masuk ke sistem pendingin lewat baling-baling. Dengan begini kotoran-kotoran yang menempel akan bisa terpompa keluar lagi.

  •  Manfaatkan Flush muff 

Baca Juga : Ternyata Berbeda, Ini Perbedaan Kompresi dan Rasio Kompresi

Cara kerja alat ini adalah dengan menggunakan selang dan cangkir karet (muff) yang Anda pasang di saluran masuk air kotak roda gigi. Anda bisa mengalirkan air bersih ke dalam selang sementar mesin kapal bekerja, sehingga air tersebut bisa mengalir ke sistem pendingin dan mengeluarkan kotoran-kotoran yang menempel. Untuk melakukan pembersihan dengan alat ini, Anda harus berada di daratan. Pastikan juga saluran air bersih sudah menyala sebelum menghidupkan mesin agar mesin tidak panas. 

  • Perangkat built-in

Saat ini terdapat pula alat built in untuk membersihkan atau membilas motor tempel yang bisa Anda pasang langsung di bagian mesin. Biasanya alat ini berada di dekat penutup belakang bawah dari motor tempel. Cara kerja dari alat ini agak berbeda, Anda tak perlu menyalakan mesin selama proses pembersihan. Hanya saja kotak roda gigi harus berada di luar air selama proses pembilasan. 

Sebenarnya tak hanya bagian mesin saja, agar mesin perahu atau motor tempel Anda terhindar dari lumut lakukan juga pembersihan pada bagian-bagian perahu atau kapal seperti bodi kapal bagian luar, dek hingga tambang yang digunakan. 

Baca Juga : Jangan Sembarangan Ganti Kaca Spion Motor! Ini Alasannya


Mau membilas sendiri atau dengan alat tambahan, membersihkan bagian mesin dengan air tawar akan menjaga motor tempel Suzuki Anda jadi tetap awet. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin dengan melakukan servis motor tempel Suzuki di bengkel Suzuki Marine terdekat. Lakukan booking servis di Suzuki Marine dengan klik ke https://www.suzuki.co.id/services/marine

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya