Tips & Trik

Bagaimana Cara Kerja Mesin Kapal Boat Saat Mengerem?

PUBLISHED DATE : 19 Juni 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/67138019_s.jpg

Kapal boat tentu menjadi transportasi familiar saat ini, terlebih di kawasan wisata. Keberadaannya membantu wisatawan untuk berkunjung ke pulau kecil maupun hanya sekedar berjalan-jalan di atas birunya laut yang indah.

Tak hanya pelaut dan nelayan, sekarang ini siapa saja bisa memanfaatkan keberadaan kapal ini untuk menjelajah wisata perairan. Tak perlu panik jika mendapati kondisinya sedang melaju kencang, karena tinggal kurangi kecepatannya. Berikut dijelaskan cara kerja mesin kapal ini saat mengerem:

Mengenal Kapal Boat

Baca Juga : Yuk Mengenal Fungsi dan Manfaat Kapal Tongkang Lebih Dekat

Bagi dunia usaha transportasi laut, jenis kapal ini sudah banyak dikenal. Bahkan mungkin sudah suatu keharusan memiliki sarana kapal yang dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien tersebut.

Tak hanya desainnya yang keren, salah satu alat transportasi laut ini memiliki daya laju lebih tinggi dari kapal ferry hingga membuatnya lincah dan lebih cepat bergerak.

Sederet keunggulan kapal boat yang ada, menjadikannya semakin memiliki eksistensi di dunia transportasi laut. Pemanfaatannya semakin mengalami kenaikkan, apalagi kapal ini sangat fleksibel untuk dijadikan transportasi dalam berbagai kegiatan yang menjadikan laut sebagai jalan utamanya.

Baca Juga : Perahu Karet: Pengertian, Manfaat, Hingga Jenisnya

Pemanfaatan yang paling familiar dari kapal ini adalah sebagai alat transportasi di dunia pariwisata. Bahkan kapal ini ternyata tidak hanya digunakan di tempat wisata mendunia, layaknya laut maupun wisata perairan sekitarnya yang berada di Bali.

Pantai-pantai di kota kecil pun, sekarang banyak memanfaatkan keberadaan kapal tersebut sebagai penunjang wahana wisata. Selain itu, dengan keunggulannya, alat transportasi satu ini dimanfaatkan di bidang lain seperti patroli di wilayah perairan setempat yang dilakukan oleh satuan polisi perairan.

Kapal tersebut juga sangat bersahabat untuk mendukung kebutuhan memancing. Pemanfaatannya dalam hal lain yang juga sering dilakukan adalah sebagai angkutan eksklusif bagi orang-orang tertentu dengan keperluan khusus.

Baca Juga : Zona Ekonomi Eksklusif : Pengertian, Manfaat dan Batasnya

Kapal Laut Tidak Memiliki Rem Konvensional Seperti Pada Kendaraan Darat

36106496_s

 

Dengan sederet keunggulan yang dapat digunakan dalam pemanfaatannya yang multifungsi, mengenali bagian-bagian kapal laut juga menjadi penting. Dari segi desain saja, tampilannya bisa berbeda-beda sesuai dengan fungsi sebuah kapal.

Beberapa negara juga telah memanfaatkan adanya kapal boat sebagai hospital ship, maka design nya juga berbeda. Bentuknya lebih diadaptasikan seperti klinik kesehatan, dengan ruang kemudi yang terpisah dengan ruang praktek dokter.

Segala performa yang menunjukkan kemampuan kapal boat dapat menjelajah perairan laut, tentu didukung dengan mesin boat yang telah disesuaikan dengan pemanfaatan kapal pula.

Namun, secara umum, kapal boat tidak memiliki rem konvensional layaknya kendaraan roda dua, empat, maupun kendaraan darat lainnya. Tak perlu cemas! Meskipun berbeda dengan alat transportasi darat, kapal ini memiliki caranya sendiri untuk berhenti.

Hal ini diadaptasikan sesuai dengan tempat lajunya yaitu perairan. Dengan demikian modifikasi bisa dilakukan pada bagian “rem” dengan fungsi masih tetap sama, yakni mengurangi kecepatan laju sebuah alat transportasi.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya