Tips & Trik

Kenali Lebih Dekat Mesin Tempel Dari Suzuki

Suzuki merupakan perusahaan yang bergerak di industri otomotif. Selalu selalu hadir di industri motor Indonesia dengan membawakan inovasi-inovasi terbaru. Tak heran jika Suzuki sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia di bidang otomotif. Dengan banyak nya konsumen, Suzuki semakin menaikan produksi, memasarkan, dan memperniagakan motor, mobil dan motor tempel (outboard-motor). Ada juga teknologi baru dari Suzuki yaitu mesin tempel.

Dengan memberikan produk-produk yang bermanfaat, Suzuki telah memberikan kontribusi terhadap masyarakat. Pelayanan dan reputasi yang dimiliki membuat Suzuki menjadi pilihan masyarakat. Salah satu yang diproduksi Suzuki adalah motor dengan mesin tempel (outboard motor). Baru-baru ini Suzuki mengeluarkan mesin tempel terbaru yang diperkenalkan pada momen Indonesia International Motor Show. Mesin tempel tersebut adalah Suzuki DF325A dengan teknologi pertama di dunia.

Nah pada artikel kali ini kami akan mengajak anda untuk mengenal lebih dekat mesin tempel dari Suzuki. Mulai dari pengertian dan tujuan dari mesin tempel Suzuki ini.

Mesin Tempel

Mesin tempel adalah mesin penggerak yang dipakai oleh perahu sehingga banyak orang juga yang menyebutnya dengan nama “mesin perahu tempel”. Mesin ini terdiri dari mesin penggerak, transmisi, dan jet air. Selain untuk menggerakkan, mesin tempel juga berfungsi untuk mengendalikan perahu/kapal dengan memutar mesin pada suatu sumbu.

Mesin tempel diletakan pada buritan perahu. Mesin ini menggunakan mesin 2 tak, 4 tak atau pun dengan mesin diesel. Seiring berkembangnya teknologi, mesin ini juga sudah berkembang dengan menggunakan mesin listrik untuk kapal ukuran kecil.

Indikator Mesin Tempel Yang Bagus

Sama seperti memilih peralatan yang lainnya, tentu saja dalam membeli dan memilih mesin tempel kita tidak boleh sembarangan jika tidak ingin mengalami kerugian. Paling tidak anda harus memperhatikan beberapa indikator mesin tempel yang baik dan bagus dibawah ini :

  1. Torsi Yang Dihasilkan Oleh Mesin Tempel

    Mesin tempel yang bagus adalah mesin tempel yang bisa mengoptimalkan bahan bakar yang nantinya dikirim ke silinder. Pilihlah mesin tempel yang bisa memanfaatkan setiap tetes bahan bakar pada silinder.

  2. Hemat Bahan Bakar

    Indikator mesin tempel yang bagus berikutnya tentu saja adalah harus hemat dalam penggunaan bahan bakar. Mesin tempel yang bagus harus bisa memiliki sistem pembakaran yang sangat bersih. Untuk itu anda juga harus memperhatikan hal ini ketika memilih dan membeli mesin tempel. Jangan hanya tertarik dengan harga yang murah saja, tapi juga perhatikan penggunaan bahan bakar apakah boros atau tidak. karena jika mesin tempel boros bahan bakar kan sama saja.

  3. Memiliki Tampilan Yang Modern

    Bukan hanya performa saja yang kita jadikan indikator dalam memilih mesin tempel. Namun tentu saja juga tampilan dan bentuk mesin tempel yang modern harus kita perhatikan juga. Mesin tempel dengan tampilan yang modern tentu saja bisa meningkatkan penampilan dan juga rasa percaya diri anda dalam menaiki perahu.

    Untuk itu anda bisa memilih mesin tempel dengan desain yang radikal dan juga memiliki pola yang memukau sehingga bisa menyesuaikan tipe perahu jenis apa saja.

  4. Sistem Dan Fitur Mesin Tempel

    Selain dari ketiga faktor yang sudah saya berikan diatas, setidaknya anda juga harus memperhatikan sistem dan juga fitur yang ada pada mesin tempel yang akan anda beli. Sebaiknya anda beli mesin tempel dengan beragam fitur di dalamnya sehingga bisa maksimal saat digunakan. Seperti mesin tempel yang akan saya bahas dibawah ini, Yaitu mesin tempel Suzuki DF325A.

Mesin Tempel Pada Suzuki

 

Mesin tempel terbaru Suzuki yaitu Suzuki DF325A yang berkapasitas 4.390 cc dengan memiliki dual propeller yang putarannya berbeda arahnya, hal ini juga satu-satunya di dunia. Dengan teknologi ini membuat kapal lebih stabil dan efisiensi bahan bakar meningkat.

Suzuki DF325A memiliki konsep “Geki” yang merupakan sebuah kekuatan untuk menyesuaikan alam dengan laut. Konsep “Geki” merupakan sebuah simbol gairah untuk Suzuki agar terus melakukan gerakan inovatif dalam perkembangan teknologi otomotif.

Suzuki DF325A menggunakan bahan bakar oktan 91 yang membuat Suzuki DF325A jadi satu-satu mesin tempel di dunia yang menggunakan tenaga 300 HP yang bisa menggunakan bensin dengan oktan rendah dan menggunakan rancangan mesin yang ringan dan memadukan tenaga besar juga efisiensi bahan bakar. Jadi anda tidak perlu khawatir akan boros bensin.

Suzuki DF325A memiliki bahan bakar ekonomis dan handal. Injeksi yang digunakan pada mesin ini bisa menopang 2 hal, yaitu menyemprotkan bahan bakar dan membuat silinder menjadi dingin melalui Dual Injection System. Dengan memiliki Piston yang berteknologi canggih membuat mesin ini kuat disegala medan.

Suzuki DF325A ini ternyata mengadopsi teknologi yang ada di 4-tak Suzuki OBM. Seperti fitur Lean Burn System yang membuat konsumsi bahan bakar jadi irit. Fitur Timing Chain dengan Self Adjusting Technology, 2-stage Gear Reduction dan Offset  Driveshaft yang bisa membuat tenaga mesin bertambah dan bisa mengurangi getaran pada mesin. Lalu, ada fitur New Multi Function Gauge yang memungkinkan kita untuk mengetahui informasi mengenai tachometer, kecepatan dan bahan bakar sehingga membuat anda jadi lebih mudah untuk mengetahui informasi yang anda butuhkan saat beraktivitas.

Suzuki DF325A memiliki desain propeller 3 bilah dengan tujuan untuk membuat akselerasi mesin jadi lebih cepat dan meningkatkan performa mesin saat  anda memacu mesin ini dalam kecepatan tinggi juga jika anda membawa barang bawaan berat maka mesin tidak akan mengalami kendala yang berlebih.

Mesin ini memiliki fitur Direct Intake System yang membuat mesin tetap pada kondisi kering dan menjaga nya tetap kering saat pemakaian. Jadi, walaupun anda sering menggunakan mesin ini untuk beraktivitas di laut atau danau, mesin ini akan tetap kering. Selain itu, mesin ini memiliki fitur Dual Water Inlet yang mendinginkan mesin dengan meminimalisir gesekan  dengan menggunakan kombinasi antara pompa air kecil dan tekanan air yang dinamis.

Harga Mesin Tempel Suzuki DF325A

Tentu saja dengan berbagai macam teknologi yang digunakan oleh mesin tempel Suzuki DF325A membuat anda ingin meminangnya kan? Nah lalu berapa sih harga dari mesin tempel Suzuki ini? Silahkan kunjungi halaman lengkapnya di sini. Harga dari mesin tempel ini tidak mengikat, artinya harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Dalam membeli atau memilih mesin tempel tentu saja juga harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda harus bisa memilih Suzuki Outboard yang tepat untuk anda. Bagi anda yang lebih suka mesin tempel dengan kemampuan yang cepat, tenang dan ekonomis, Anda bisa membeli Mesin tempel 4 Tak. Sementara bagi anda yang suka dengan mesin tempel yang kuat dan terpercaya, anda bisa memilih mesin tempel 2 Tak.

Berita Lainnya