Tips & Trik

Waktu Untuk Penggantian Oli Mesin Kapal dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 18 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/30024659_s.jpg

Bekerja sebagai pelumas mesin, Anda yang memiliki kapal atau usaha perkapalan perlu tahu kapan waktu penggantian oli mesin kapal yang tepat. Sama halnya seperti kendaraan pada umumnya, oli memegang peran penting dalam perawatan mesin. 

Terlambat mengganti oli mesin tentu akan fatal akibatnya pada kinerja mesin. Nah, bagi Anda yang ingin menjaga kualitas mesin kapal sebaiknya mengganti oli mesin tepat waktu. 

Kapan Penggantian Oli Mesin Kapal yang Tepat? 

Baca Juga : Yuk Mengenal Fungsi dan Manfaat Kapal Tongkang Lebih Dekat

Hal pertama yang perlu Anda ketahui soal perawatan mesin kapal adalah penggantian olinya. Dibandingkan komponen lain, oli mesin adalah bahan yang harus diganti secara berkala dalam waktu yang cukup berdekatan. 

Khususnya ketika Anda menggunakan kapal secara rutin, maka penggantian oli mesin akan semakin sering. Normalnya untuk mesin kapal yang baru, oli bisa diganti ketika mencapai 2.500 km. Jarak tempuh tersebut normalnya terjadi setiap tiga hingga empat bulan sekali. 

Jadi waktu yang tepat untuk penggantian oli mesin kapal adalah setelah 3 atau 4 bulan. Setelah itu Anda bisa menggantinya dengan jarak waktu yang sama secara berulang. 

Baca Juga : Perahu Karet: Pengertian, Manfaat, Hingga Jenisnya

Selain memperkirakan dari jarak atau waktu tersebut, cara lain yang bisa menunjukkan oli perlu diganti adalah melalui pengecekan. Proses pengecekan bisa dilakukan melalui sampling di laboratorium . 

Tugas Anda hanya perlu mengambil oli dan simpan ke dalam botol bersih. Kemudian bawa sampel tersebut ke laboratorium untuk pengecekan kualitas. Biasanya khusus untuk bisnis perkapalan, Anda bisa membeli alat tester khusus untuk mengetahui kualitas oli. 

Apabila melalui sample tersebut menunjukkan bahwa kualitas oli menurun bahkan sudah tidak dapat melumasi dengan baik, artinya sesegera mungkin harus dilakukan penggantian. 

Baca Juga : Pelabuhan: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

50379808_s

Manfaat Mengganti Oli Mesin Kapal Tepat Waktu

Jangan sepelekan waktu penggantian oli mesin pada kapal karena dampaknya tentu begitu besar. Mesin tidak akan bertahan lama dan paling berbahaya adalah ketika kapal sedang berlayar di tengah laut namun mesin mengalami gagal fungsi. 

Padahal masalahnya sepele, karena Anda tidak mengganti oli mesin tepat waktu. Supaya Anda tidak meremehkan penggantian oli mesin kapal, kenali apa manfaat yang didapatkan. Semua manfaat ini akan didapatkan jika oli diganti dengan benar. 

  • Mampu Meredam Getaran Mesin

Oli bekerja untuk meredam getaran yang muncul akibat pergerakan mesin seperti batang piston, poros dan engkol yang bekerja ketika kapal dinyalakan. Hal ini disebabkan pergerakan antar komponen tersebut lebih halus. 

Otomatis getaran maupun suara yang keluar tidak terlalu bising. Pada saat oli yang digunakan sudah tidak dapat bekerja untuk melumasi mesin, maka gesekan antar komponen terdengar sangat keras. 

Alasan inilah yang membuat kapal-kapal dengan motor yang perawatannya diperhatikan memiliki suara yang lebih halus tidak kasar. 

  • Mencegah Timbulnya Karat

Motor pada kapal hampir semuanya terbuat dari bahan besi. Supaya bisa bergesekan dengan lancar dibutuhkan oli. Begitu juga manfaat lainnya yaitu untuk mencegah karat pada komponen besi tersebut. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya