Tips & Trik

Waktu Untuk Penggantian Oli Mesin Kapal dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 18 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/30024659_s.jpg

Bekerja sebagai pelumas mesin, Anda yang memiliki kapal atau usaha perkapalan perlu tahu kapan waktu penggantian oli mesin kapal yang tepat. Sama halnya seperti kendaraan pada umumnya, oli memegang peran penting dalam perawatan mesin. 

Terlambat mengganti oli mesin tentu akan fatal akibatnya pada kinerja mesin. Nah, bagi Anda yang ingin menjaga kualitas mesin kapal sebaiknya mengganti oli mesin tepat waktu. 

Kapan Penggantian Oli Mesin Kapal yang Tepat? 

Baca Juga : Apa Itu Gearbox Kapal? Ini Fungsi Dan Komponennya

Hal pertama yang perlu Anda ketahui soal perawatan mesin kapal adalah penggantian olinya. Dibandingkan komponen lain, oli mesin adalah bahan yang harus diganti secara berkala dalam waktu yang cukup berdekatan. 

Khususnya ketika Anda menggunakan kapal secara rutin, maka penggantian oli mesin akan semakin sering. Normalnya untuk mesin kapal yang baru, oli bisa diganti ketika mencapai 2.500 km. Jarak tempuh tersebut normalnya terjadi setiap tiga hingga empat bulan sekali. 

Jadi waktu yang tepat untuk penggantian oli mesin kapal adalah setelah 3 atau 4 bulan. Setelah itu Anda bisa menggantinya dengan jarak waktu yang sama secara berulang. 

Baca Juga : Awas, Ini Ciri Mesin Kapal Laut yang Akan Rusak

Selain memperkirakan dari jarak atau waktu tersebut, cara lain yang bisa menunjukkan oli perlu diganti adalah melalui pengecekan. Proses pengecekan bisa dilakukan melalui sampling di laboratorium . 

Tugas Anda hanya perlu mengambil oli dan simpan ke dalam botol bersih. Kemudian bawa sampel tersebut ke laboratorium untuk pengecekan kualitas. Biasanya khusus untuk bisnis perkapalan, Anda bisa membeli alat tester khusus untuk mengetahui kualitas oli. 

Apabila melalui sample tersebut menunjukkan bahwa kualitas oli menurun bahkan sudah tidak dapat melumasi dengan baik, artinya sesegera mungkin harus dilakukan penggantian. 

Baca Juga : Sekoci Kapal Penolong, Jenis dan Perlengkapannya

50379808_s

Manfaat Mengganti Oli Mesin Kapal Tepat Waktu

Jangan sepelekan waktu penggantian oli mesin pada kapal karena dampaknya tentu begitu besar. Mesin tidak akan bertahan lama dan paling berbahaya adalah ketika kapal sedang berlayar di tengah laut namun mesin mengalami gagal fungsi. 

Padahal masalahnya sepele, karena Anda tidak mengganti oli mesin tepat waktu. Supaya Anda tidak meremehkan penggantian oli mesin kapal, kenali apa manfaat yang didapatkan. Semua manfaat ini akan didapatkan jika oli diganti dengan benar. 

  • Mampu Meredam Getaran Mesin

Oli bekerja untuk meredam getaran yang muncul akibat pergerakan mesin seperti batang piston, poros dan engkol yang bekerja ketika kapal dinyalakan. Hal ini disebabkan pergerakan antar komponen tersebut lebih halus. 

Otomatis getaran maupun suara yang keluar tidak terlalu bising. Pada saat oli yang digunakan sudah tidak dapat bekerja untuk melumasi mesin, maka gesekan antar komponen terdengar sangat keras. 

Alasan inilah yang membuat kapal-kapal dengan motor yang perawatannya diperhatikan memiliki suara yang lebih halus tidak kasar. 

  • Mencegah Timbulnya Karat

Motor pada kapal hampir semuanya terbuat dari bahan besi. Supaya bisa bergesekan dengan lancar dibutuhkan oli. Begitu juga manfaat lainnya yaitu untuk mencegah karat pada komponen besi tersebut. 

Karat sangat mudah muncul pada mesin kapal akibat air laut dan juga udara yang mengandung garam. Oli yang kualitasnya masih bagus dapat bekerja untuk memberikan lapisan pelindung pada mesin. 

Penggunaan oli baru yang berkualitas mampu mencegah timbulnya karat pada mesin sehingga mesin kapal pun dapat bertahan lebih lama. 

  • Membersihkan Mesin Kapal 

Perawatan mesin kapal tidak hanya mencegah karat tapi juga membersihkannya. Mesin yang sering bergesekkan menciptakan gram besi yang perlu dihilangkan. Cara menghilangkannya adalah dengan rutin mengganti oli mesin. 

Penggantian oli mesin kapal dapat membersihkan mesin dari kerak akibat gram besi. Kerak bisa membuat pergerakan mesin bermasalah jika Anda terus menggunakan oli yang kualitasnya sudah menurun. 

Ketika motor mengalami kerusakan akibat kerak, perbaikannya akan semakin mahal. Tidak jarang juga pemilik kapal akhirnya harus mengganti mesin hanya karena kerak atau kotoran tersebut. 

  •  Menjaga Komponen Mesin agar Tidak Aus

Manfaat selanjutnya adalah menjaga supaya motor dan komponen mesin lainnya tidak mengalami keausan. Gesekan yang terjadi pada mesin saat kapal menyala membuat komponennya cepat aus. 

Pergerakan ini jugalah yang membuat kualitas oli cepat menurun dan perlu diganti. Ketika mesin aus maka kerusakan mesin lebih cepat terjadi. Panas yang tadinya bisa diredam oleh oli kini tidak bekerja kembali. 

Tidak jarang juga kapal yang akhirnya mengalami overheat hanya karena kualitas oli sudah sangat buruk. Ditambah lagi adanya proses pembakaran bahan bakar dalam mesin juga meningkatkan panas. 

Oli yang bisa bekerja sebagai pendingin mesin tidak boleh disepelekan fungsinya. Jika Anda ingin mesin kapal dapat bekerja dengan baik dan bertahun-tahun kemudian, lakukan penggantian tepat pada waktu yang dianjurkan. 

Tips Penggantian Oli Mesin Kapal yang Benar 

Selain memperhatikan waktu, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengganti oli mesin pada kapal dengan benar. Salah dalam proses penggantian bisa menimbulkan kebocoran bahkan kerusakan mesin. 

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti pada saat mengganti oli mesin kapal sendiri sebagai berikut. 

  • Hindari Menggunakan Semprotan Angin 

Pertama saat membersihkan sisa oli jangan gunakan semprotan angin dengan tekanan tinggi. Kotoran justru akan menempel pada bagian filter oli dan area mesin lainnya. 

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sisa oli pada katup mesin. Caranya ada pada tips selanjutnya. 

  • Menyalakan Mesin sebelum Mengganti Oli 

Supaya oli lama benar-benar dikuras dengan benar, Anda perlu menyalakan mesin terlebih dahulu selama beberapa menit sesuai dengan putaran stasioner. Selain itu mesin motor harus diletakkan tegak lurus pada permukaan yang rata. 

Setelah mesin dinyalakan, matikan dan tunggu dua menit baru buka tutup filter oli. Tap oli sampai semua oli lama habis. 

  • Jangan Lupa Mengganti Ring Oli

Penggantian oli mesin kapal juga harus disertai dengan ring oli. Tujuannya agar tidak terjadi kebocoran. Ring oli ini dapat dibuka bersamaan dengan filter oli. Pada saat pemasangannya Anda harus melumasi ring oli terlebih dahulu agar lebih rapat baru pasang filter oli. 

Selain itu hindari juga untuk membuka baut pembuangan oli dengan paksa. Khususnya saat mesin baru saja dimatikan dan masih panas. Karena kerusakan mudah terjadi yang mengakibatkan kebocoran berkelanjutan. 

  • Menggunakan Oli Mesin Kapal yang Berkualitas

Anda juga wajib menggunakan oli yang kualitasnya terbaik karena bisa mempengaruhi tingkat keawetan oli dan kinerjanya.

Semakin bagus tentu mesin bisa bekerja dengan baik. Urusan oli mesin kapal, Anda bisa menggunakan Suzuki ECSTAR untuk Out Board Machine. 

Oli Mesin Kapal Berkualitas dari Suzuki 

Pada bulan September ini, Suzuki launching produk oli Suzuki ECSTAR yang salah satunya adalah  Suzuki ECSTAR untuk Out Board Machine. Produk ini secara keseluruhan menggantikan oli sebelumnya yaitu Suzuki Genuine Oli (SGO). 

Khusus untuk oli mesin kapal Anda bisa memilih salah satu dari tiga produk berikut ini. 

  • V7000 ECSTAR 10W-40 SJ Semi Synthetic 

Oli yang dikembangkan dan direkomendasikan untuk mesin Suzuki Outboard khususnya semua mesin 4T OBM. Kemasannya 4 liter yang dapat memberikan perlindungan maksimal agar performa mesin tetap terjaga. 

Produk ini memanfaatkan aditif Viscosity Index Improver yang fungsinya untuk memudahkan mesin menyala saat suhu rendah. Selain itu juga memiliki kandungan aditif terbaik yang bisa menjaga kebersihkan pada ruang mesin di lingkungan yang ekstrim. 

  • V5000 ECSTAR 10W-40 SJ

Oli baru yang juga digunakan untuk semua mesin 4T OBM dan secara eksklusif telah disetujui Suzuki Motor Corporation, Jepang. Kelebihannya adalah mampu memberikan perlindungan pada mesin dari masalah karat. 

Mesin juga dapat terhindar dari keausan. Olinya sendiri memiliki kestabilan viskositas serta penguapan lebih rendah. Produk ini bisa Anda dapatkan dalam kemasan 4 liter. 

  • V2000 ECSTAR 2T Marine Engine Oil 

Terakhir adalah oli mesin yang dapat digunakan untuk semua jenis mesin 2T OBM dan dikemas dalam ukuran 1 liter. Telah dikembangkan serta direkomendasikan secara khusus oleh Suzuki Motor Corporation. 

Kemampuannya adalah untuk melindungi mesin dari masalah keausan, khususnya kerusakan pada bagian ring piston dan piston saat mesin menyala. Formulasinya menggunakan viskositas yang tepat dan stabilitasnya terjaga. 

Meskipun terjadi perbedaan temperatur pada saat mesin menyala, sehingga performa mesin pun bisa optimal. Oli akan bekerja dengan baik di temperatur tinggi maupun rendah. 

Produk oli berkualitas dari Suzuki terbaru yaitu ECSTAR untuk Out Board Machine bisa Anda pilih sesuai dengan jenis mesin kapal. Jangan sampai lupa juga untuk menggantinya tepat waktu. 

Berita Lainnya