Tips & Trik

Waktu Untuk Penggantian Oli Mesin Kapal dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 18 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/30024659_s.jpg

Karat sangat mudah muncul pada mesin kapal akibat air laut dan juga udara yang mengandung garam. Oli yang kualitasnya masih bagus dapat bekerja untuk memberikan lapisan pelindung pada mesin. 

Penggunaan oli baru yang berkualitas mampu mencegah timbulnya karat pada mesin sehingga mesin kapal pun dapat bertahan lebih lama. 

  • Membersihkan Mesin Kapal 

Perawatan mesin kapal tidak hanya mencegah karat tapi juga membersihkannya. Mesin yang sering bergesekkan menciptakan gram besi yang perlu dihilangkan. Cara menghilangkannya adalah dengan rutin mengganti oli mesin. 

Penggantian oli mesin kapal dapat membersihkan mesin dari kerak akibat gram besi. Kerak bisa membuat pergerakan mesin bermasalah jika Anda terus menggunakan oli yang kualitasnya sudah menurun. 

Ketika motor mengalami kerusakan akibat kerak, perbaikannya akan semakin mahal. Tidak jarang juga pemilik kapal akhirnya harus mengganti mesin hanya karena kerak atau kotoran tersebut. 

  •  Menjaga Komponen Mesin agar Tidak Aus

Manfaat selanjutnya adalah menjaga supaya motor dan komponen mesin lainnya tidak mengalami keausan. Gesekan yang terjadi pada mesin saat kapal menyala membuat komponennya cepat aus. 

Pergerakan ini jugalah yang membuat kualitas oli cepat menurun dan perlu diganti. Ketika mesin aus maka kerusakan mesin lebih cepat terjadi. Panas yang tadinya bisa diredam oleh oli kini tidak bekerja kembali. 

Tidak jarang juga kapal yang akhirnya mengalami overheat hanya karena kualitas oli sudah sangat buruk. Ditambah lagi adanya proses pembakaran bahan bakar dalam mesin juga meningkatkan panas. 

Oli yang bisa bekerja sebagai pendingin mesin tidak boleh disepelekan fungsinya. Jika Anda ingin mesin kapal dapat bekerja dengan baik dan bertahun-tahun kemudian, lakukan penggantian tepat pada waktu yang dianjurkan. 

Tips Penggantian Oli Mesin Kapal yang Benar 

Selain memperhatikan waktu, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengganti oli mesin pada kapal dengan benar. Salah dalam proses penggantian bisa menimbulkan kebocoran bahkan kerusakan mesin. 

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti pada saat mengganti oli mesin kapal sendiri sebagai berikut. 

  • Hindari Menggunakan Semprotan Angin 

Pertama saat membersihkan sisa oli jangan gunakan semprotan angin dengan tekanan tinggi. Kotoran justru akan menempel pada bagian filter oli dan area mesin lainnya. 

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sisa oli pada katup mesin. Caranya ada pada tips selanjutnya. 

  • Menyalakan Mesin sebelum Mengganti Oli 

Supaya oli lama benar-benar dikuras dengan benar, Anda perlu menyalakan mesin terlebih dahulu selama beberapa menit sesuai dengan putaran stasioner. Selain itu mesin motor harus diletakkan tegak lurus pada permukaan yang rata. 

Setelah mesin dinyalakan, matikan dan tunggu dua menit baru buka tutup filter oli. Tap oli sampai semua oli lama habis. 

  • Jangan Lupa Mengganti Ring Oli

Penggantian oli mesin kapal juga harus disertai dengan ring oli. Tujuannya agar tidak terjadi kebocoran. Ring oli ini dapat dibuka bersamaan dengan filter oli. Pada saat pemasangannya Anda harus melumasi ring oli terlebih dahulu agar lebih rapat baru pasang filter oli. 

Selain itu hindari juga untuk membuka baut pembuangan oli dengan paksa. Khususnya saat mesin baru saja dimatikan dan masih panas. Karena kerusakan mudah terjadi yang mengakibatkan kebocoran berkelanjutan. 

  • Menggunakan Oli Mesin Kapal yang Berkualitas

Anda juga wajib menggunakan oli yang kualitasnya terbaik karena bisa mempengaruhi tingkat keawetan oli dan kinerjanya.

Semakin bagus tentu mesin bisa bekerja dengan baik. Urusan oli mesin kapal, Anda bisa menggunakan Suzuki ECSTAR untuk Out Board Machine. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya