Tips & Trik

Tips Naik Kapal Laut: Persiapan dan Kenyamanan Perjalanan

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2023

Naik Kapal Laut

Perjalanan dengan kapal laut berbeda dengan mobil ataupun pesawat. Jika menggunakan transportasi air ini, Anda sebaiknya telah mengatur jadwal keberangkatan maupun kepulangan dari jauh-jauh hari.

Sebab ketersediaan kapal laut bisa berbeda di tiap tanggal tergantung destinasi Anda. Memesan tiket keberangkatan akan lebih mudah ketika ada kapal laut yang beroperasi pada tanggal keberangkatan yang Anda inginkan. 

Begitu pula dengan tanggal kepulangan, sesuaikan dengan jadwal Anda serta ketersediaan kapal laut ke tempat asal Anda.

2. Membawa Obat Pribadi

Tips ini berlaku terutama untuk Anda dengan kondisi kesehatan tertentu, sebab kapal tidak bisa berhenti di tengah perjalanan untuk menuju ke apotek atau rumah sakit. Jadi, sebaiknya bawa obat pribadi yang sekiranya Anda butuhkan dari rumah.

Sebagai contoh, bila Anda merupakan penderita penyakit seperti asma atau diabetes, maka Anda wajib membawa obat pribadi sesuai resep dokter lengkap dengan pertolongan  pertama seperti inhaler atau insulin.

Selain itu, Anda dapat melengkapi tas obat-obatan dengan membawa obat demam seperti parasetamol, obat flu, obat mual, hingga P3k seperti obat merah hingga plester.

3. Menghindari Makanan Pemicu Mabuk Laut

Untuk mencegah mabuk laut, sebaiknya jangan konsumsi makanan yang dapat memicu mabuk laut seperti makanan cepat saji hingga makanan pedas.

Baca Juga : Resiko Helm yang Jarang Dicuci!

Sebagai gantinya, konsumsi asupan penuh gizi serta minum air yang cukup agar badan tidak lemas selama perjalanan dan dapat berujung mabuk laut. 

4. Memilih Tempat Duduk yang Nyaman

Kursi kapal akan menjadi teman Anda selama perjalanan, sehingga penting untuk merasa nyaman dengan memilih tempat duduk yang tepat. 

Saat naik kapal laut, Tempat duduk bagian tengah hingga belakang kapal adalah pilihan yang tepat untuk Anda apabila kurang menyukai goyangan kapal akibat ombak laut.

Sedangkan, jika Anda kurang nyaman dengan suara mesin yang kencang bisa memilih tempat duduk di tengah hingga depan kapal.

5. Memahami Panduan Keselamatan

Tidak hanya pesawat yang memiliki panduan keselamatan. Bepergian dengan naik kapal laut pun akan diberlakukan panduan keselamatan atau safety tip.

Pahami bagaimana jalur evakuasi kapal serta cara memakai baju pelampung yang benar. Tidak lupa pula petunjuk dari awak kabin kapal yang juga penting untuk Anda pahami sebelum kapal berangkat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya