Tips & Trik

Tips Naik Kapal Laut: Persiapan dan Kenyamanan Perjalanan

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2023

Naik Kapal Laut

Bepergian bisa Anda lakukan tidak hanya dengan jalur darat dan udara saja, namun juga bisa melalui jalur air menggunakan kapal laut. Bila Anda belum pernah menggunakan moda transportasi air tersebut, intip tips untuk naik kapal laut berikut!

Selain agar perjalanan lebih aman dan nyaman, Anda bisa mengetahui apa saja yang perlu dibawa dan dilakukan agar dapat menikmati waktu di sepanjang perjalanan sehingga terasa lebih menyenangkan.

Terapkan 10 Tips untuk Naik Kapal Laut Ini agar Perjalanan Nyaman

Cukup banyak yang bisa Anda lakukan agar perjalanan dengan kapal laut lebih terorganisir dan terhindar dari peristiwa tidak mengenakkan. Mari bahas satu per satu!

1. Mengatur Tanggal Berangkat dan Pulang

Perjalanan dengan kapal laut berbeda dengan mobil ataupun pesawat. Jika menggunakan transportasi air ini, Anda sebaiknya telah mengatur jadwal keberangkatan maupun kepulangan dari jauh-jauh hari.

Sebab ketersediaan kapal laut bisa berbeda di tiap tanggal tergantung destinasi Anda. Memesan tiket keberangkatan akan lebih mudah ketika ada kapal laut yang beroperasi pada tanggal keberangkatan yang Anda inginkan. 

Begitu pula dengan tanggal kepulangan, sesuaikan dengan jadwal Anda serta ketersediaan kapal laut ke tempat asal Anda.

2. Membawa Obat Pribadi

Tips ini berlaku terutama untuk Anda dengan kondisi kesehatan tertentu, sebab kapal tidak bisa berhenti di tengah perjalanan untuk menuju ke apotek atau rumah sakit. Jadi, sebaiknya bawa obat pribadi yang sekiranya Anda butuhkan dari rumah.

Sebagai contoh, bila Anda merupakan penderita penyakit seperti asma atau diabetes, maka Anda wajib membawa obat pribadi sesuai resep dokter lengkap dengan pertolongan  pertama seperti inhaler atau insulin.

Selain itu, Anda dapat melengkapi tas obat-obatan dengan membawa obat demam seperti parasetamol, obat flu, obat mual, hingga P3k seperti obat merah hingga plester.

3. Menghindari Makanan Pemicu Mabuk Laut

Untuk mencegah mabuk laut, sebaiknya jangan konsumsi makanan yang dapat memicu mabuk laut seperti makanan cepat saji hingga makanan pedas.

Baca Juga : Manfaat Sensor Parkir Untuk Sehari-Hari

Sebagai gantinya, konsumsi asupan penuh gizi serta minum air yang cukup agar badan tidak lemas selama perjalanan dan dapat berujung mabuk laut. 

4. Memilih Tempat Duduk yang Nyaman

Kursi kapal akan menjadi teman Anda selama perjalanan, sehingga penting untuk merasa nyaman dengan memilih tempat duduk yang tepat. 

Saat naik kapal laut, Tempat duduk bagian tengah hingga belakang kapal adalah pilihan yang tepat untuk Anda apabila kurang menyukai goyangan kapal akibat ombak laut.

Sedangkan, jika Anda kurang nyaman dengan suara mesin yang kencang bisa memilih tempat duduk di tengah hingga depan kapal.

5. Memahami Panduan Keselamatan

Tidak hanya pesawat yang memiliki panduan keselamatan. Bepergian dengan naik kapal laut pun akan diberlakukan panduan keselamatan atau safety tip.

Pahami bagaimana jalur evakuasi kapal serta cara memakai baju pelampung yang benar. Tidak lupa pula petunjuk dari awak kabin kapal yang juga penting untuk Anda pahami sebelum kapal berangkat.

Memahami panduan keselamatan akan berguna ketika terjadi peristiwa tidak terduga di tengah perjalanan.

6. Memprioritaskan Barang Penting

Anda dapat menghindari kelebihan barang bawaan dengan memprioritaskan barang-barang penting yang akan dibutuhkan selama bepergian. 

Selain barang pakaian ganti, gadget, perlengkapan sanitasi, obat-obatan, dompet, hingga dokumen penting, Anda bisa memanfaatkan sisa ruang koper atau tas untuk makanan dan minuman.

Buat daftar barang bawaan akan memudahkan Anda memprioritaskan apa saja yang perlu dan tidak perlu dibawa. Perjalanan pun menjadi lebih praktis jika membawa barang seperlunya.

7. Menyiapkan Bekal yang Tidak Mudah Basi

Durasi perjalanan naik kapal laut bisa mencapai lebih dari tiga jam bahkan hingga berhari-hari, sehingga Anda wajib membekali diri dengan makanan dan minuman yang awet serta tidak mudah basi.

Contoh bekal yang awet untuk dibawa diantaranya adalah roti, abon, telur rebus, telur asin, kering tempe, ubi kukus, kurma, hingga buah kaya air seperti pir hingga apel.

Membawa bekal sendiri juga lebih hemat dan lebih praktis sebab Anda tidak perlu membeli lagi ketika lapar di perjalanan.

8. Membawa Benda Favorit

Mengingat durasi perjalanan kapal yang cukup lama, Anda bisa membawa barang-barang favorit sebagai hiburan untuk mengisi waktu agar tidak bosan. 

Bila Anda suka membaca buku, maka bawalah novel atau komik favorit Anda yang bacaannya bisa Anda selesaikan selama di kapal.

9. Menggunakan Sunscreen

Naik kapal laut saat siang hari akan membuat Anda terekspos sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Gunakan sunscreen maupun sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet berlebih.

Anda pun dapat membawa kacamata atau topi bila ingin melihat pemandangan laut di atas dek kapal.

10. Menggunakan Waktu Luang untuk Istirahat

Beristirahat yang cukup selama perjalanan akan membantu kondisi Anda lebih segar dan fit ketika sampai di destinasi tujuan. 

 

8 Cara Terhindar dari Mabuk Laut

Setelah mengetahui tips naik kapal laut, Anda juga bisa menerapkan tips menghindari mabuk laut berikut ini.

1. Jangan Biarkan Perut Kosong

Anda tidak disarankan membiarkan perut kosong ketika bepergian jauh, terutama dengan kapal laut. Konsumsi makanan rendah lemak serta air putih yang cukup agar terhindar dari asam lambung yang memicu pusing serta mual muntah di tengah perjalanan.

2. Keliling Mencari Udara Segar

Saran terbaik bagi Anda yakni menghindari berada di kamar ataupun tempat yang tertutup selama di berada kapal. 

Baca Juga : Panduan Praktis: Cara Memasang AC Mobil dengan Tepat

Berkelilinglah untuk melihat pemandangan di sekitar kapal agar indera keseimbangan dan gerak Anda menyesuaikan stimulus dari informasi yang didapatkan mata melalui perubahan pemandangan.

3. Mengunyah Sesuatu

Anda bisa mengunyah permen karet maupun cemilan kesukaan untuk mengurangi mabuk laut ketika perjalanan di kapal laut.

4. Menghindari Menonton Film dan Membaca Buku

Ternyata tulisan serta gambar yang banyak dan dinamis pada buku serta film dapat memicu rasa mual dan pusing. Jadi, jika Anda adalah orang yang mudah mabuk laut sebaiknya menghindari kegiatan tersebut.

5. Melakukan Aktivitas Distraksi

Alih-alih membaca buku atau menonton film, aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian dari rasa mabuk laut adalah menghirup aromaterapi, mendengarkan musik, serta tidur.

6. Mengonsumsi Permen Jahe

Cara mengatasi mabuk laut berikutnya adalah dengan mengonsumsi permen jahe. Kandungan jahe pada permen dapat membantu pengosongan lambung, sehingga rasa ingin muntah hingga mual bisa berkurang.

7. Menghindari Obat Tertentu

Terdapat obat yang bisa memicu perasaan mual sehingga sebaiknya tidak Anda konsumsi ketika ingin bepergian dengan naik kapal laut

Adapun obat pemicu mabuk laut diantaranya ada antibiotik, obat untuk hormon estrogen, serta obat penghilang nyeri.

Untuk antibiotik contohnya adalah eritromisin, azitromisin, serta metronidazol. Lalu, contoh obat penghilang nyeri antara lain ada indometasin serta ibuprofen.

8. Minum Obat Anti Mabuk

minum obat

Pexels

Cara terakhir tentu saja dengan mengonsumsi obat anti mabuk yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. Minum obat minimal 30 menit hingga 60 menit sebelum jam keberangkatan. Ini adalah cara mencegah mabuk laut yang efektif. 

Itulah tips untuk naik kapal laut yang bisa Anda terapkan ketika ingin bepergian menggunakan jalur air. Ingin tips-tips berguna lainnya terkait kapal laut atau kendaraan lainnya? Anda dapat klik tautan ini!

Berita Lainnya

Air Radiator Motor

Tips Mengisi Air Radiator Motor

Pada dunia otomotif, menjaga performa mesin kendaraan menjadi kunci utama bagi pengalaman berkendara yang optimal. Salah satu aspek kritis yang memengaruhi hal tersebut adalah ting...

selengkapnya