Tips & Trik

Mau Touring? Ini Persiapan Touring Motor Yang Wajib

PUBLISHED DATE : 28 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/touring_motor.jpg

Touring umumnya dilakukan oleh komunitas pengendara motor. Persiapan touring motor yang perlu disiapkan sebelum berangkat yaitu persiapan fisik dan barang-barang penting yang wajib dibawa. Kondisi tubuh harus benar-benar fit agar sanggup menempuh perjalanan yang jauh.

Kegiatan ini biasa dilakukan saat weekend atau liburan panjang di atas aktivitas sehari-hari yang penat. Oleh karena itu, manfaatkan waktu tersebut agar Anda tidak merasa capek atau ada yang kurang. Lalu apa saja hal wajib yang perlu disiapkan ketika akan pergi touring? Berikut ulasannya.

Pastikan Keadaan Tubuh Fit

Baca Juga : Apa Itu Social & Physical Distancing? Bagaimana Cara Melakukannya?

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh. Sebelum berangkat touring, pastikan Anda menjaga kondisi tubuh agar tetap fit hingga hari H.

Jaga kesehatan seluruh tubuh Anda. Bila perlu, selalu minum vitamin. Selain menjaga pola makan, pola tidur juga harus diatur agar cukup istirahat sebelumnya.

Periksa Kondisi Kendaraan

Baca Juga : Biar Aman dan Nyaman, Ini Ukuran Helm yang Tepat

Persiapan berikutnya tentunya adalah kendaraan yang akan dipakai untuk touring. Kendaraan tersebut harus memiliki performa yang baik dan tidak sedang bermasalah. Pastikan motor yang akan digunakan sudah siap dan cek semua komponen-komponennya.

Dalam hal ini Anda disarankan untuk melakukan pengecekan ke bengkel beberapa hari sebelum berangkat. Cuci juga motor tersebut agar terlihat lebih siap tampil.

Cek juga kondisi mesin, oli, rem depan dan belakang. Selain itu, periksa juga fungsi lampu depan dan belakang, serta lampu petunjuk dan isyarat yang ada.

Baca Juga : 4 Alasan Busi Mobil Menjadi Komponen Mobil Yang Sangat Penting

Siapkan Barang-Barang Bawaan

motor

  • Helm

Barang yang wajib dibawa saat berkendara adalah helm. Helm ini menjadi barang wajib karena berfungsi untuk melindungi bagian kepala.

Selain itu, memakai helm merupakan standar yang harus dijalankan bagi setiap pengendara. Tentu tidak akan nyaman jika bepergian jauh tanpa menggunakan helm, bukan?

Surat Kendaraan Dan Identitas Lengkap

Selain helm, surat-surat kendaraan juga wajib untuk dibawa. Bawa Surat Keterangan Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan KTP Anda yang aktif. Jangan sampai ada satupun yang tertinggal. Hal ini demi keamanan selama berkendara, apalagi jika Anda melewati beberapa kota.

Membawa surat kendaraan dan identitas lengkap ini akan menguntungkan Anda. Saat terjadi operasi polisi, Anda pun akan aman karena memiliki dokumen lengkap. Selain itu jika terjadi sesuatu, Anda juga bisa dikenali karena terdapat surat-surat pengenal tersebut.

  • Jaket Anti Hujan

Barang penting berikutnya yang tidak boleh ketinggalan yaitu jaket. Sebaiknya Anda memilih jaket anti hujan berbahan parasut agar bisa langsung dipakai saat hujan. Atau Anda bisa juga membawa mantel.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya