Tips & Trik

Mau Touring? Ini Persiapan Touring Motor Yang Wajib

PUBLISHED DATE : 28 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/touring_motor.jpg

Saat touring, waktu akan banyak dihabiskan di perjalanan. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi hujan deras, Anda cukup berhenti sejenak untuk memakai jaket atau mantel.

Dengan begitu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan aman. Penggunaan jaket juga berguna untuk melindungi diri dari panas karena matahari atau dingin karena hujan.

  • GPS Atau Peta Fisik

Persiapan touring motor yang juga penting adalah mengumpulkan banyak informasi mengenai rute dan tempat-tempat yang akan dilalui. Anda bisa memahaminya dengan membaca GPS pada smartphone dan menandainya sebelum keberangkatan, sehingga saat berkendara sudah siap.

Pemanfaatan GPS ini sangat penting untuk semua perjalanan. Manfaatnya adalah dapat memberikan informasi yang akurat dan bisa dijadikan alternatif untuk menjaga keselamatan dan keamanan dari tempat yang tidak dikenali. Sebaiknya, GPS atau peta fisik selalu dibawa setiap akan bepergian.

  • Uang dan Dompet

Nah, yang satu ini sepertinya juga wajib sekali untuk dibawa, yaitu dompet. Dalam dompet Anda bisa membawa beberapa uang dan kartu-kartu penting. Hindari membawa uang tunai yang terlalu banyak, dan bawa secukupnya saja. Selebihnya, Anda bisa mampir ke ATM jika membutuhkan lebih.

Membawa uang yang berlebihan bisa membahayakan keamanan Anda. Resikonya adalah bisa mengalami pemerasan atau perampokan di jalan. Pastikan menempatkan dompet berisi uang dan barang penting tersebut di tempat yang aman yang tidak akan hilang saat dibawa.

  • Power Bank

Selain handphone, charger dan power bank juga wajib untuk diselipkan. Hal ini demi menjaga daya tahan ponsel Anda selama touring. Siapa tahu ada orang yang menghubungi atau ingin melakukan pencarian informasi lewat handphone. Jadi, kondisi ponsel tersebut jangan sampai mati.

Sebelum berangkat, pastikan juga telah mengisi penuh power bank Anda agar bisa langsung digunakan saat di jalan. Selain itu, isi daya baterai ponsel Anda sampai penuh. Dengan begitu, hal ini akan menjamin kapasitas daya baterainya lebih tahan lama selama touring.

  • Pakaian Ganti

Selain jaket dan mantel, pastinya Anda harus membawa pakaian ganti secukupnya. Bepergian beberapa hari tentu tidak nyaman jika tidak mengganti baju, terutama pakaian dalam. Bawa juga peralatan mandi secukupnya seperti sabun, sikat dan pasta gigi, handuk kecil, dan shampoo.

Selain itu, bawa juga sandal jepit. Barang ini bisa berguna saat melakukan aktivitas tertentu di samping mengendarai motor yang harus memakai sepatu. Gunakan sepatu dan sandal sebagai alas kaki. Pilih keduanya yang berbahan kuat dan nyaman.

  • Obat-Obatan

Satu lagi yang penting untuk dibawa, yakni kotak P3K. Kotak tersebut berisi beberapa obat-obatan dasar. Bawa beberapa obat yang Anda butuhkan. Selain itu, isi kotak tersebut dengan peralatan kesehatan seperti perban, betadine, dan semacamnya.

Kotak P3K ini berfungsi untuk pertolongan pertama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Dengan membawa peralatan ini, maka Anda dan rekan bisa langsung bertindak jika salah satu rekan mengalami kondisi tertentu di perjalanan.

  • Tool Kit

Untuk mempermudah, bawa juga tool kit. Benda ini merupakan beberapa peralatan motor seperti obeng, baut, dan sejenisnya. Hal ini akan membantu saat keadaan motor terasa bermasalah. Jadi jika memungkinkan, Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus mampir ke bengkel.

  • Senter dan Pemantik Api

Barang wajib selanjutnya yaitu senter dan pemantik api. Kedua barang ini penting untuk digunakan saat malam hari jika sudah sampai di tempat istirahat. Perannya yaitu sebagai sumber cahaya dan untuk menyalakan api yang digunakan untuk memasak misalnya.

Bawa juga tenda jika dibutuhkan. Pastikan membawa sesuai kebutuhan dan melihat berapa personil yang ikut touring. Hal tersebut demi menghemat tempat untuk barang bawaan. Bawa juga peralatan tenda secara lengkap.

  • Flat Tire Repair Kit

Peralatan selanjutnya yang perlu dimasukkan list adalah flat tire repair kit. Peralatan ini berguna jika motor mengalami kebocoran ban. Pasalnya terdapat pompa atau tabung gas, obeng, lem, dan karet yang bisa digunakan untuk menambal ban.

Berbagai persiapan touring motor di atas wajib Anda penuhi demi keselamatan dan keamanan selama berkendara. Terutama bagi Anda yang pemula, maka harus memperhatikan hal-hal sekecil apapun sebelum memulai touring.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya