Tips & Trik

Safety First, Ini Perlengkapan Touring Motor Yang Wajib Ada

PUBLISHED DATE : 16 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Nex_2_ellegant_(1).jpg

Berpetualang menggunakan sepeda motor merupakan aktivitas menyenangkan untuk bisa menjelajahi area-area terpencil yang tak bisa dijangkau oleh mobil. Apalagi banyak sekali masyarakat Indonesia yang lebih suka touring dengan motor daripada mobil. 

Hanya saja faktor keamanan wajib diperhatikan. Medan dan cuaca seringkali menjadi rintangan yang perlu diwaspadai. Oleh karena itulah perlengkapan touring motor harus lengkap. 

Khususnya Anda kaum wanita yang ingin touring bersama dengan club. Tentunya keamanan dan kenyamanan tetap harus dijaga hingga sampai ke tempat tujuan. 

14 Macam Perlengkapan Touring Motor yang Tak Boleh Lupa 

Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Matic, Buat Kamu Yang Baru Belajar

Anda yang melakukan perjalanan touring pasti bukan hanya melakukan dalam waktu singkat. Durasi waktu sehari atau dua hari sangat wajar, namun karena motor tidak memiliki bagasi yang besar, maka barang bawaan perlu dibatasi. 

Baik itu bikers wanita atau pria, perlengkapan touring motor yang harus dilengkapi tidak jauh berbeda. Perlengkapan ini digunakan sebagai persiapan kendala yang mungkin saja terjadi di perjalanan khususnya untuk menghindari cedera akibat kecelakaan. 

Sebelum berangkat sebaiknya cek ulang apakah Anda sudah mempersiapkan semua perlengkapannya dengan baik. Jangan sampai beberapa perlengkapan di bawah ini ada yang tertinggal. 

  1. Jaket Tebal yang Nyaman

Baca Juga : Electric Starter Motor Tidak Berfungsi dengan Baik? Jangan Buru-buru Salahkan Accu!

Demi melindungi tubuh dari terpaan angin, Anda membutuhkan jaket yang tebal dan tetap nyaman. Jaket adalah perlindungan untuk tubuh pengendara dan pilih yang kualitasnya terbaik. Misalnya saja seperti jaket windbreaker. 

Jaket tersebut lebih bagus dibandingkan jenis jaket kain lainnya. Karena kemampuannya untuk memecah udara dari depan yang mengenai bagian dada pengendara lebih bagus. Sehingga udara tidak tembus langsung ke badan. 

Selain itu kelebihan jaket windbreaker adalah masih mampu mengatasi gerimis sehingga tubuh akan tetap terlindungi dengan baik. 

    2. Jas Hujan

Baca Juga : Manfaat Pembilasan Oli pada Motor yang Terendam Banjir

Perlengkapan touring motor kedua yang masih digunakan untuk melindungi tubuh adalah jas hujan. Anda bisa menyimpan jas hujan di bagasi motor untuk digunakan sewaktu-waktu. Meskipun cuaca sedang tidak hujan, sangatlah penting untuk selalu membawa jas hujan. 

Apalagi jika Anda berencana untuk bepergian ke area pegunungan. Curah hujan yang lebih tinggi di pegunungan membuat Anda harus terus membawa jas hujan. Jika sewaktu-waktu hujan Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan dan tubuh terlindungi. 

    3. Helm Ringan yang Nyaman

Keamanan yang satu ini tak hanya diperhatikan pada saat touring tetapi setiap kali Anda mengendarai sepeda motor. Khusus untuk touring Anda harus memilih helm yang ringan, SNI, dan juga kuat. 

Helm menjadi pelindung kepala yang wajib digunakan. Anda bisa menggunakan helm full face yang memiliki pengaman lebih optimal. Anda juga bisa menggunakan helm modular yang lebih fleksibel ketika digunakan saat touring. 

    4. Masker yang Breathable 

Meskipun Anda sudah menggunakan helm full face atau helm modular, penting juga untuk menggunakan masker. Tujuannya adalah untuk melindungi pernapasan dari polusi udara saat di perjalanan. 

Perlengkapan touring motor yang satu ini terlihat sepele namun fungsinya sangat penting. Khususnya bagi Anda bukan pengendara yang duduk di kursi penumpang sepeda motor. Masker sangat dibutuhkan juga untuk menjaga wajah dari terpaan angin. 

    5. Sarung Tangan 

Nex_2_ellegant__2_

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya