Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor

PUBLISHED DATE : 07 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/29691367_s.jpg

Aki kering dan basah adalah dua jenis aki yang banyak digunakan pada motor. Sebagai pengemudi Anda perlu tahu perbedaan aki kering dan basah pada motor agar tidak salah beli nantinya. 

Keduanya memiliki fungsi yang sama namun dalam cara kerja, karakteristik sampai dengan perawatannya. Bagaimana cara kerja dan juga perawatan kedua aki ini, Anda bisa mengeceknya pada artikel ini. 

Apa Saja Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor

Baca Juga : Apa Itu Kick Starter? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Aki adalah komponen utama dalam kendaraan bermotor karena bekerja untuk menyimpan daya dalam sistem kelistrikan. Tanpa hadirnya aki, maka busi tidak dapat memercikan api dan pembakaran pun tidak akan terjadi. 

Bukan hanya busi, aki juga menjadi sumber listrik dari komponen lainnya seperti lampu dan klakson. Baik itu aki kering dan basah memiliki fungsi sama yaitu sebagai penyimpan daya dan menghantarkan listrik. 

Keduanya sama-sama laris di pasaran dan setiap sepeda motor bisa dipasang dengan aki ini. Berikut ini perbedaan aki kering dan basah pada motor yang bisa dipelajari. 

Baca Juga : Catat Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

Apa Itu Aki Basah?

Bentuk fisik dari aki basah biasanya memiliki kemasan yang semi transparan sehingga Anda bisa mengetahui kadar air aki yang masih tersedia. Air aki yang digunakan pada aki basah ini disebut juga dengan air zuur. 

Apa itu air zuur untuk aki cek di halaman berikutnya.

Baca Juga : Kapan Ganti Oli yang Tepat untuk Motor yang Jarang Dipakai?

______________________________________________________________________________________________

Air zuur merupakan cairan aki yang fungsinya sebagai peredam. Di dalam kemasan aki terdapat cell-cell yang menjadi tempat dari air zuur. Ketika setiap cell tidak terendam dengan air aki maka arus yang disimpan juga berkurang. 

Efek lainnya adalah terjadinya oksidasi sehingga lempengan pada cell bisa berkarat dan sistem kelistrikan tidak optimal. Dampaknya akan dapat dirasakan dimana lampu sepeda motor mulai meredup atau suara klakson yang kurang kencang. 

Ketika jumlah air aki berkurang maka Anda harus menambahkannya sehingga dapat menyuplai listrik dengan baik. Inilah yang jadi perbedaan aki kering dan basah pada motor, karena pada aki kering Anda tidak akan kerepotan dalam isi ulang air aki. 

Oleh karena itulah penting sekali untuk mengecek kondisi air aki secara rutin, apalagi ketika Anda mulai merasakan gangguan pada sistem kelistrikan motor. 

Apa Itu Aki Kering?

119052441_s

Munculnya aki kering adalah sesudah aki basah, pasalnya aki ini adalah hasil pengembangan dari aki basah. Berbeda dengan aki basah yang transparan, aki kering justru memiliki bentuk kemasan berwarna gelap. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya