Tips & Trik

Panduan Mengendarai Motor Berpostur Jangkung

PUBLISHED DATE : 12 Oktober 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Panduan_Mengendarai_Motor_Berpostur_Jangkung.png

Menunggangi sepeda motor berpostur jangkung seperti jenis trail atau enduro sudah tidak diragukan lagi memang sangat menyenangkan, apalagi kalau dilakukan dengan santai ke lokasi alam yang indah bersama-sama dengan sahabat. Tetapi menunggangi sepeda motor jenis ini bisa dibilang gampang-gampang sulit, khususnya bagi pengendara yang posturnya kurang tinggi.

Kenapa? Karena jenis sepeda motor trail atau enduro punya ground clearance dan jarak antara jok dengan tanah terbilang tinggi, lebih tinggi dibanding motor jenis lain. Bahkan karena termasuk jenis motor dengan kapasitas mesin lebih besar, motor trail atau enduro memiliki bobot yang lebih berat.

Tidak mudah memang, tapi bukan tidak mungkin pengendara yang posturnya kurang tinggi untuk mengendarai motor berpostur jangkung. Berikut adalh tips dan trik yang bisa dicoba.

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Mesin Motor yang Tepat

Menjaga keseimbangan

Yang satu ini harus menjadi yang paling utama. Karena itulah, ada baiknya untuk terus berlatih terlebih dahulu dengan memacu motor dengan kecepatan rendah. Lalu bisa dilanjutka dengan melatih menjaga keseimbangan statis dan mencoba melakukan teknik berputar di sekitar pepohonan.

Awasi tempat untuk mencari pijakan kaki

Baca Juga : Praktis, Ini 6 Cara Membersihkan Karburator Motor

Saat berpetualang di alam bebas, memang tidak ada yang tahu secara pasti medan yang bakal dilewati. Akan tetapi, ada baiknya jika kita selalu berhati-hati saat mau berhenti. Kenapa? Karena bukan tak mungkin, pijakan yang keliatannya keras ternyata lembek sehingga pengendara bisa jatuh dan terjerembab.

Pakai kaki untuk menyangga motor

Ketika bermanuver, sangat disarankan kaki selalu siap untuk menyangga sepeda motor. Terlebih saat motor seperti akan terjatuh atau ketika berhenti. Biasanya, bagian kaki akan lebih kuat menahan beban jika dibandingkan dengan tangan atau tubuh.

Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Kadang Nyala Kadang Mati & Solusinya

Pakai teknik kaki menggantung saat berhenti

Teknik kaki menggantung dianggap lebih ideal saat berhenti karena motor akan tetap berdiri tegak walaupun tubuh pengendara akan tampak miring. Selain itu, teknik kaki menggantung akan membuat kaki menapak sepenuhnya di permukaan tanah.

Selalu percaya diri

Selalu percaya diri saat mengendarai motor jenis ini sangat dibutuhkan supaya pengendara yakin bahwa ia bisa melakukannya. Jangan biarkan ukuran tubuh atau sepeda motor menghalangi keinginan kita untuk menikmati serunya mengendarai motor berpostur jangkung seperti jenis ttrail atau enduro.

Selamat mencoba!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya