Tips & Trik

Laher Roda Motor Terasa Oleng, Ini Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/laher_roda.jpg

Menggunakan motor yang nyaman saat berkendara mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Sedangkan penyebab motor yang tidak nyaman ini bisa jadi disebabkan karena laher rodanya bermasalah.

Laher motor atau yang sering disebut dengan bearing roda ini merupakan komponen yang penting. Bearing roda tersebut akan berfungsi menerima beban dari putaran ban motor. Apabila komponen ini oleng atau bergoyang akan menyebabkan kerusakan komponen motor lainnya.

Ciri Laher Motor Yang Rusak

Baca Juga : 5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur Biar Ga Bahaya

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri laher motor yang rusak. Hal ini untuk mencegah kerusakan bertambah parah dan bisa langsung memperbaikinya. Berikut beberapa ciri bearing motor yang mulai rusak.

  • Muncul suara keras

Munculnya suara keras ini biasanya berasal dari roda depan motor saat melewati jalanan yang rusak. Apabila laju kecepatan motor semakin cepat, maka suara keras akan terdengar lebih jelas.

  • Bagian kemudi terasa bergetar

Bagian kemudi yang bergetar biasanya disebabkan oleh rusaknya laher roda motor yang sudah rusak. Saat kondisi ini terjadi sebaiknya motor segera dibawa ke tempat service untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar tidak membahayakan pengguna saat berkendara.

  • Bagian roda depan motor terasa bergoyang

Baca Juga : Tips Ampuh Mengkilapkan Bodi Motor Yang Kusam

Saat bagian roda depan terasa bergoyang, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut. Salah satu indikasi yang mungkin adalah bearing motor mengalami kerusakan. Roda depan yang bergoyang bisa menyebabkan laju motor tidak stabil dan bisa membahayakan pengguna motor.

laher_motor

  • Clearance bola baja dan race ball sangat tinggi

Ciri ini biasanya muncul pada motor yang sudah tua dan sering digunakan. Clearance merupakan jarak bersih antara bola baja dan race ball. Kondisi ini juga perlu diwaspadai dan Anda perlu mengecek bagaimana kondisi bearing sehingga bisa mengantisipasi kerusakan dan risikonya.

  • Kemudi terasa berat

Baca Juga : Charger Hp di Motor, Apakah Aki Bisa Tetap Awet?

Ciri selanjutnya adalah kemudi terasa berat saat dikendarai. Setir motor menjadi berat dan kondisi stang berat sebelah akan menyebabkan setir susah digunakan untuk berbelok. Penyebab yang paling mungkin dari kondisi ini adakah kerusakan pada bearing motor.

Saat kondisi ini terjadi akan menimbulkan keadaan yang tidak stabil dan menyebabkan performa berkendara kurang maksimal. Apabila kendaraan tidak stabil atau oleng bisa menyebabkan risiko kecelakaan yang membahayakan pengguna motor.

Penyebab Laher Roda Motor Rusak

Motor yang mengalami kerusakan pada bearingnya biasanya disebabkan oleh seringnya melewati jalanan yang rusak. Selain itu, motor yang jarang dirawat juga akan cepat menyebabkan bearing rusak.

Usia motor yang sudah tua juga menjadi penyebab terjadinya masalah pada komponen ini. Selain itu, rusaknya tutup pelindung karet juga menyebabkan debu dan air masuk ke bearing motor dan menyebabkannya cepat berkarat.

Bahaya Akibat Laher Motor Rusak

Saat bearing roda motor mengalami kerusakan, tentu akan membahayakan komponen lain pada motor. Biasanya komponen yang mudah terkena yaitu tromol. Hal ini terjadi saat roda motor rusak dan posisi rem tetap lurus, sehingga saat rem digunakan kampas rem akan menggigit tromol di satu bagian.

Selain itu, rantai dan gir motor akan menjadi cepat aus dan ban motor habis tidak merata. Selain itu, apabila bearing motor yang rusak dibiarkan maka akan menyebabkan ketidaknyamanan pengguna motor.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya