Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor

PUBLISHED DATE : 07 Maret 2022

29691367 S

Seperti apa perbedaan aki kering dan basah, cek di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Isi dari aki kering ini bukanlah air aki melainkan berbentuk gel. Tingkat penguapan yang dimiliki oleh aki ini cukup kecil karena pembuangannya tidak keluar sehingga volumenya tetap. 

Perawatan yang lebih simpel jadi perbedaan aki kering dan basah pada motor yang paling utama. Karena jumlah volumenya tetap maka tidak disediakan lubang-lubang untuk pengisian pada bagian atas kemasannya. 

Lebih jelas lagi antara aki kering dan basah, Anda bisa menyimak beberapa perbedaannya dari berbagai aspek. 

Macam-Macam Perbedaan Aki Kering Dan Basah Pada Motor

Baik itu aki kering dan basah sebenarnya sama-sama memiliki kandungan cairan. Hanya saja jenis cairan yang diisi berbeda dan perawatannya tidak sama. Supaya lebih jelas lagi Anda bisa memperhatikan beberapa perbedaannya berikut ini:

  • Perbedaan Kemasan 

Baca Juga : Fungsi dan Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Matic

Dilihat dari segi kemasannya, aki kering menggunakan wadah semi transparan untuk memudahkan pengecekan. Sedangkan pada aki kering kemasannya cenderung berwarna gelap sehingga tidak terlihat bagian dalamnya. 

  • Bentuk Elektroda

Setiap aki membutuhkan elektroda yang berbentuk cairan elektrolit sehingga memudahkan dalam menyimpan dan menghantarkan listrik. Khusus aki basah jenis elektrodanya adalah cairan sedangkan aki kering menggunakan elektroda bentuk gel. 

Mengapa aki basah harus sering diisi ulang dengan elektroda? Cek alasannya di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Alasan mengapa aki basah harus sering diisi adalah karena jenis elektroda yang digunakan ini. Air aki lebih cepat menguap ketika sering digunakan oleh karena itulah pengisian harus dilakukan secara berkala. 

Berbeda elektroda berbentuk gel yang tidak mudah menguap sehingga jauh lebih awet. Namun jika jumlah elektroda sampai habis Anda tidak bisa melakukan isi ulang dan harus menggantinya dengan yang baru. 

  • Perbedaan Soal Harga 
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya