Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor

PUBLISHED DATE : 07 Maret 2022

29691367 S

Masalah harga menjadi perbedaan yang cukup mencolok. Aki basah memiliki harga yang jauh lebih murah. Selain itu aki basah juga mudah ditemukan di mana saja, Anda bisa langsung datang ke bengkel resmi untuk membelinya. 

Harga yang jauh lebih mahal akan Anda dapatkan ketika membeli aki kering. Khusus beberapa merk aki kering juga cukup sulit didapatkan sehingga Anda harus melakukan pemesanan sebelumnya. 

  • Perbedaan dari Segi Perawatannya

Satu lagi perbedaan yang akan Anda rasakan ketika menggunakan aki kering dan basah adalah cara merawatnya. Aki basah memiliki tipe perawatan yang lebih banyak karena harus rutin dalam isi ulang air aki. 

Kelebihannya aki basah jauh lebih awet jika Anda merawatnya dengan benar. Sedangkan untuk aki kering perawatannya jauh lebih mudah hanya saja sekali elektroda gel sudah habis Anda harus langsung menggantinya. 

Intip juga tips perawatan aki yang benar di halaman berikutnya.

_____________________________________________________________________________________________

Tips Perawatan Aki Kering dan Basah 

Perawatan menjadi kunci penting dalam hal penggunaan aki sepeda motor. Tanpa melakukan perawatan dengan benar baik aki kering dan basah tidak akan awet. 

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab Lampu Senja Motor Mati & Solusinya

Meskipun aki kering tidak banyak perawatannya namun tetap membutuhkan beberapa tips untuk merawatnya dengan benar. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti, baik itu aki kering dan aki basah. 

  • Menjaga Kadar Elektroda sesuai dengan Ambang Batas

Khusus Anda yang menggunakan aki basah harus rutin mengecek cairan elektroda pada aki. Bukalah tutup aki dan angkat untuk melihat pada bagian kemasannya apakah cairan elektroda sudah berkurang. 

Anda bisa mengeceknya setiap satu bulan sekali untuk mengetahui berapa jumlah dari air aki yang masih tersisa. Biasanya ketika servis, teknisi juga akan ikut mengecek. 

  • Rutin Memanaskan Motor Setiap Hari 

Cara menggunakan sepeda motor juga berpengaruh sangat besar terhadap keawetan aki. Anda hanya perlu memanaskan motor setiap hari selama beberapa menit saja. 

Cukup hidupkan saja menggunakan elektrik starter setiap pagi dan biarkan kendaraan menyala dalam 5 menit saja. Hindari juga menekan elektrik starter terus menerus ketika motor tidak kunjung menyala karena bisa merusak aki. 

  • Rutin Cas Aki 

Ketika kondisi aki menurun, Anda harus sering cas aki. Memberikan daya listrik pada aki juga jadi salah satu pengecekan kualitas penyimpanan yang dimiliki oleh aki. 

Jika aki yang dicas tidak menyimpan listrik dengan baik atau daya justru menurun maka kualitasnya sudah tidak baik lagi. Khususnya untuk aki kering yang tidak bisa diisi ulang dengan elektroda. 

Inilah perbedaan aki kering dan basah pada motor sampai dengan tips merawatnya. Jika Anda mulai merasakan gejala kerusakan pada aki seperti starter mulai bermasalah atau lampu redup segera bawa ke bengkel 2W resmi Suzuki.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya