Tips & Trik

Kapan Harus Mengganti Filter Bahan Bakar Mobil Anda

PUBLISHED DATE : 12 Oktober 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Sept-Blog-11-(1).jpg

Filter bensin mobil kerap kali jadi bagian yang dilupakan untuk dirawat. Padahal keberadaannya tak kalah penting dibanding filter oli. Komponen yang terletak di antara tangki bahan bakar dan mesin ini memiliki fungsi menyaring kotoran dan sisa-sisa residu yang ada pada bahan bakar. Selain itu filter bensin mobil bisa menjadikan mobil hemat BBM dengan menurunkan kecepatan aliran bensin agar jadi lebih irit. 

Begitu pentingnya peranan filter bensin mobil, pastikan Anda selalu tahu cara perawatannya. Hal paling sederhana untuk menjaga kondisi filter bensin mobil adalah melakukan penggantian secara rutin. Idealnya filter bensin mobil diganti ketika sudah menempuh jarak 40.000km atau 2 tahun sekali. 

Tapi perhatikan juga jenis filter bensin mobil Anda, karena beberapa jenis mobil memiliki filter bensin yang menyatu dengan pompa bahan bakar (fuel pump) sehingga tidak bisa diganti. 

Baca Juga : Rekomendasi Oli Untuk Mobil MPV

Sama seperti komponen filter lainnya, jika usia pakainya sudah lama maka filter bensin juga bisa kotor. Saat kondisinya kotor maka bisa menimbulkan efek yang buruk bagi performa kendaraan.

Selain jarak tempuh dan interval penggantian, tanda-tanda filter bahan bakar harus diganti juga bisa Anda lihat dari berbagai gejala seperti. 

 

  • Performa Mobil Menurun

Baca Juga : Biar Aman, Ini Cara Melepas Aki Mobil yang Benar & Pasangnya

 

Tanda paling umum dari filter bensin mobil yang harus diganti biasanya terjadi penurunan performa, terutama jika Anda mengendarai mobil di jalan menanjak. Hal ini disebabkan pasokan bahan bakar tidak tersalurkan akibat sumbatan kotoran yang ada di filter bensin mobil. 

  • Mobil Sulit Dinyalakan 

Saat filter bensin mobil tersumbat kotoran, tentu pasokan bensin jadi berkurang. Hal ini menyebabkan tenaga yang dihasilkan akan berkurang. Bahkan dalam kondisi yang cukup parah, sumbatan ini juga bisa menyebabkan mobil sulit untuk distarter. 

Baca Juga : Panduan Memilih Sepatu yang Aman untuk Riding

 

  • Mesin Mobil Mendadak Mati

 

Ciri-ciri lain dari filter bensin yang harus diganti adalah mesin mobil yang tiba-tiba mati. Hal ini disebabkan tidak adanya pasokan bahan bakar ke mesin akibat filter yang tersumbat. Hal ini bisa berbahaya, apalagi jika mesin mobil tersebut mati di tengah Anda sedang melewati jalanan menanjak. 

 

  • Indikator Mesin Menyala

 

Masalah pada filter bensin mobil juga bisa dengan mudah diidentifikasi dengan memperhatikan lampu indikator pada panel dashboard. Meskipun tidak spesifik memberi sinyal bahwa filter bahan bakar yang sedang bermasalah, namun setidaknya Anda bisa mengetahui terdapat kendala pada mesin sambil memperhatikan adakah gejala lain juga muncul seperti yang telah disebutkan di atas. 

Mobil dengan filter bensin yang kotor tentu performanya akan berkurang. Putaran mesinnya juga jadi terasa tidak normal serta muncul korosi atau karat di tangki bahan bakar. Untuk mengatasi masalah yang berat seperti ini, Anda bisa melakukan kuras tangki bensin di bengkel resmi Suzuki. Setelah itu Anda juga bisa melakukan penggantian filter bensin mobil dengan suku cadang Suzuki yang dijamin 100% asli. 

Selalu luangkan waktu untuk merawat filter bensin mobil Anda. Lakukan perawatannya hanya di bengkel Suzuki yang tersebar luas di seluruh Indonesia!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Sept-Blog-10-(2).jpg

Rekomendasi Oli Untuk Mobil MPV

Memiliki mobil MPV tentunya membawa keuntungan tersendiri. Sesuai dengan namanya yaitu Multi Purpose Vehicle alias kendaraan multi fungsi, tak hanya muat banyak penumpang sehingga ...

selengkapnya