Tips & Trik

Tips Naik Kapal Laut: Persiapan dan Kenyamanan Perjalanan

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2023

Naik Kapal Laut

Setelah mengetahui tips naik kapal laut, Anda juga bisa menerapkan tips menghindari mabuk laut berikut ini.

1. Jangan Biarkan Perut Kosong

Anda tidak disarankan membiarkan perut kosong ketika bepergian jauh, terutama dengan kapal laut. Konsumsi makanan rendah lemak serta air putih yang cukup agar terhindar dari asam lambung yang memicu pusing serta mual muntah di tengah perjalanan.

2. Keliling Mencari Udara Segar

Saran terbaik bagi Anda yakni menghindari berada di kamar ataupun tempat yang tertutup selama di berada kapal. 

Berkelilinglah untuk melihat pemandangan di sekitar kapal agar indera keseimbangan dan gerak Anda menyesuaikan stimulus dari informasi yang didapatkan mata melalui perubahan pemandangan.

3. Mengunyah Sesuatu

Anda bisa mengunyah permen karet maupun cemilan kesukaan untuk mengurangi mabuk laut ketika perjalanan di kapal laut.

4. Menghindari Menonton Film dan Membaca Buku

Ternyata tulisan serta gambar yang banyak dan dinamis pada buku serta film dapat memicu rasa mual dan pusing. Jadi, jika Anda adalah orang yang mudah mabuk laut sebaiknya menghindari kegiatan tersebut.

5. Melakukan Aktivitas Distraksi

Alih-alih membaca buku atau menonton film, aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian dari rasa mabuk laut adalah menghirup aromaterapi, mendengarkan musik, serta tidur.

6. Mengonsumsi Permen Jahe

Cara mengatasi mabuk laut berikutnya adalah dengan mengonsumsi permen jahe. Kandungan jahe pada permen dapat membantu pengosongan lambung, sehingga rasa ingin muntah hingga mual bisa berkurang.

7. Menghindari Obat Tertentu

Baca Juga : Ingin Jual Mobil? Ini Cara Menentukan Harga Jualnya

Terdapat obat yang bisa memicu perasaan mual sehingga sebaiknya tidak Anda konsumsi ketika ingin bepergian dengan naik kapal laut

Adapun obat pemicu mabuk laut diantaranya ada antibiotik, obat untuk hormon estrogen, serta obat penghilang nyeri.

Untuk antibiotik contohnya adalah eritromisin, azitromisin, serta metronidazol. Lalu, contoh obat penghilang nyeri antara lain ada indometasin serta ibuprofen.

8. Minum Obat Anti Mabuk

minum obat

Pexels

Cara terakhir tentu saja dengan mengonsumsi obat anti mabuk yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. Minum obat minimal 30 menit hingga 60 menit sebelum jam keberangkatan. Ini adalah cara mencegah mabuk laut yang efektif. 

Itulah tips untuk naik kapal laut yang bisa Anda terapkan ketika ingin bepergian menggunakan jalur air. Ingin tips-tips berguna lainnya terkait kapal laut atau kendaraan lainnya? Anda dapat klik tautan ini!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya