Tips & Trik

4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kerusakan Fan Belt Mobil

PUBLISHED DATE : 05 September 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Aug-Blog-21-(1).jpg

Tali kipas atau fan belt adalah komponen mesin mobil yang berfungsi mengantarkan putaran mesin ke berbagai komponen mobil lainnya seperti AC, hidrolik power steering, poros alternator, water pump dan lain-lain. Kerusakan awal pada fan belt biasanya bisa dikenali dari ciri-ciri fisiknya seperti mulai kendur dan permukaannya retak-retak. Selain gejala fisik, ciri-ciri lain dari kerusakan fan belt mobil adalah munculnya suara berdecit yang mengganggu. 

Jika mendapati gejala seperti ini, sebaiknya Anda harus segera tali kipas ke bengkel Suzuki. Sebab tali kipas yang sudah parah, harus segera diganti dengan yang baru. Namun jika berada dalam posisi yang tidak memungkinkan untuk segera pergi ke bengkel, ada cara mengatasi kerusakan tali kipas untuk sementara. Terutama mengatasi gangguan dari bunyi berdecit. Inilah 4 cara mudah tersebut:

 

  • Gunakan air sabun

Baca Juga : 10 Cara Menghemat BBM yang Benar untuk Dilakukan

 

Ini merupakan cara paling sederhana mengatasi kerusakan tali kipas yang bising dan mengganggu. Gunakan air sabun dan semprotkan pada permukaan tali kipas. Namun perlu diingat, cara ini tidak bisa bertahan lama menahan suara tali kipas berisik dan tidak direkomendasikan untuk dilakukan secara terus menerus. Tapi bisa cukup membantu jika Anda berada dalam situasi darurat. Cara mudah atasi fan belt mobil berisik yang pertama dan paling sederhana adalah dengan menyemprotkan campuran air sabun pada belt yang berbunyi berisik. 

 

  • Beri pelumas

Baca Juga : Begini Cara Membuka Pintu Mobil Dari Dalam untuk Pemula

 

Cara lain mengatasi tali kipas yang rusak adalah dengan memberinya pelumas mesin pada permukaannya. Lakukan dengan hati-hati dan hindari mengoleskan pelumas terlalu banyak, karena jika permukaan tali kipas terlalu berminyak malah akan menyebabkan tali kipas jadi selip dan semakin berisik. 

 

  • Memberi Grease

Baca Juga : Ini Rahasianya agar Ban Motor Awet dan Tidak Cepat Botak

 

Untuk mengatasi kerusakan pada tali kipas, Anda juga bisa menggunakan grease atau gemuk. Sama halnya dengan penggunaan pelumas mesin, Anda sebaiknya tidak menggunakan cairan ini secara berlebihan. Karena kelebihan grease juga bisa membuat tali kipas jadi selip. 

 

  • Gunakan Cairan Khusus Tali Kipas

 

Cara lain yang efektif mengatasi bunyi bising akibat kerusakan tali kipas adalah dengan menggunakan yang diformulasikan untuk tali kipas. Biasanya produk ini dijual di pasaran dengan bentuk kaleng semprot yang mudah digunakan. Cara penggunaannya juga mudah, Anda cukup hidupkan mesin sambil menyemprotkan cairan pada tali kipas hingga bunyi-bunyi tersebut hilang. Layaknya penggunaan oli atau grease, saat menyemprotkan cairan ini juga jangan berlebihan. Sebab tak hanya memicu selip pada tali kipas, kabin mesin juga akan jadi kotor. 

Ketika perbaikan “darurat” pada tali kipas sudah dilakukan tapi bunyi bising masih terdengar nyaring. Segera bawa mobil Anda ke bengkel Suzuki untuk mendapatkan perbaikan dari teknisi profesional kami. Booking jadwal servis Anda dengan mengunjungi halaman www.suzuki.co.id/services/automobile

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya