Tips & Trik

10 Cara Menghemat BBM yang Benar untuk Dilakukan

PUBLISHED DATE : 23 April 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/speedometer.jpg

Sebagai pemilik mobil, bukan hanya perawatan dengan servis secara berkala saja yang harus diperhatikan. Ada faktor lain yang juga harus diperhatikan, seperti cara mengendarai sehari-hari. 

Apalagi jika Anda ingin hemat BBM, maka berbagai kesalahan dalam berkendara wajib untuk diingat dan dihindari. Meningkatnya harga bahan bakar kendaraan setiap tahunnya membuat Anda harus pintar dalam menghemat BBM. 

Percuma saja jika Anda sudah membeli mobil yang hemat BBM, tetapi cara penggunaannya salah, maka akan membuatnya semakin boros. Belum lagi Anda dituntut untuk terus menggunakan kendaraan karena padatnya aktivitas sehari-hari. 

Baca Juga : Teknik Tepat Mengendarai Motor yang Memakai Boks

Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara menghemat BBM berikut ini. Beberapa cara di bawah ini sangatlah mudah untuk dilakukan dan bisa dijadikan kebiasaan. 

Cara 1. Menyesuaikan batas kecepatan

Setiap mobil memiliki standar atau batas kecepatan berbeda. Anda hanya perlu mengetahui batas kecepatan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Efisiensi BBM sangat berpengaruh dari kecepatan ketika mengendarai. 

Baca Juga : Mengapa Suzuki Super Carry pick up adalah pilihan yang tepat untuk pengusaha UKM?

Apabila Anda sering mengendarai dalam kecepatan di atas standar atau sebaliknya di bawah standar, BBM tentu akan lebih boros. BBM akan lebih boros lagi ketika Anda sedang terjebak macet. 

Bahan bakar yang digunakan pada saat macet jauh lebih banyak karena kecepatan yang tidak stabil. Kendaraan juga harus sering berhenti padahal jarak yang ditempuh masih terlampau jauh. Ada baiknya untuk menghindari area macet ketika berkendara, agar Anda bisa menghemat BBM kendaraan Anda dengan maksimal. 

Cara 2. Menambahkan kecepatan dengan tepat

Baca Juga : Cara Merawat Mesin Perahu Tempel Agar Terhindar Dari Lumut

Ketepatan dalam menambah kecepatan juga berpengaruh besar terhadap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Anda perlu tahu kapan harus menekan pedal gas yang dalam dan kapan harus menguranginya. 

Apabila terlalu sering menekan pedal gas terlalu dalam di mana kemudian mengerem mendadak atau mengurangi kecepatan drastic, maka BBM akan terkuras banyak. Hal ini bisa terjadi ketika Anda sering ngebut di jalan bebas hambatan. 

Sering juga terjadi ketika Anda tidak mengatur jarak dengan kendaraan di depan. Sehingga sering mengerem mendadak padahal jalanan sedang macet. Jadi sebaiknya atur jarak dengan kendaraan di depan sehingga pengereman dilakukan dengan mulus. 

Cara 3. Jangan menyalakan mesin saat berhenti lama

Cara menghemat BBM selanjutnya yang bisa Anda ikuti adalah dengan mematikan mesin ketika kendaraan berhenti. Anda mungkin tidak bisa menghindari mematikan mesin ketika berada di jalanan macet. 

Namun jika sedang berhenti karena menunggu orang lain atau sedang parkir, sebaiknya matikan mesin. Anda hanya akan membuang banyak BBM padahal mobil sedang tidak digunakan untuk berjalan. 

Bahkan jika Anda ingin berhenti dalam waktu satu menit saja, akan lebih baik untuk mematikan mesin. Jika tidak ingin kabin mobil panas karena tak bisa menyalakan AC, sebaiknya parkir di area yang teduh dan buka kaca jendela. 

Cara 4. Kenali kapan menggunakan gigi yang sesuai

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya