Tips & Trik

10 Cara Menghemat BBM yang Benar untuk Dilakukan

PUBLISHED DATE : 23 April 2019

Speedometer

Komponen filter udara turut memberikan dampak besar dalam penghematan BBM. Saringan udara ini berfungsi membuat udara yang masuk ke ruang pembakaran tetap bersih. Jika filter udara ini kotor maka mesin akan bekerja lebih berat.

Mesin yang bekerja berat tentu menyedot lebih banyak bahan bakar, padahal kecepatan laju kendaraan tidak terpengaruh.

Oleh karena itu pada jangka waktu tertentu pastikan filter udara selalu dibersihkan atau ganti dengan yang baru jika sudah tak bisa bekerja dengan baik.

11808019_s

Cara 8. Menggunakan bahan bakar yang tepat

Cara menghemat BBM dipengaruhi juga oleh jenis bahan bakar yang digunakan. Setiap dealer mobil pasti akan menyarankan jenis bahan bakar apa yang menjadi standarnya. Biasanya yang disarankan adalah bahan bakar dengan oktan tinggi. 

Bahan bakar yang kualitasnya bagus akan menjamin pembakaran lebih baik sehingga tidak banyak yang digunakan. Anda pun akan lebih hemat pemakaian BBM. 

Baca Juga : Audio Mobil: Jangan Asal Pilih, Ini Tipsnya!

Cara 9. Mengurangi beban mobil

Mesin akan bekerja keras untuk membawa beban pada mobil, semakin banyak bebannya tentu bahan bakar yang digunakan juga lebih besar. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menempatkan benda yang terlalu berat di dalam mobil. 

Apalagi jika Anda tidak menggunakan benda tersebut sebaiknya keluarkan dari dalam mobil. Sehingga akselerasi yang terjadi saat berkendara jadi lebih ringan. 

Cara 10. Jangan lupa tune up sesuai jadwalnya

Tune up atau pengecekan mesin mobil secara mendetail perlu dilakukan setidaknya enam bulan sekali di bengkel resmi. Dengan begitu beberapa komponen yang sudah tidak layak pakai bisa diganti atau dibersihkan. 

Melakukan tune up rutin akan membuat putaran mesin jadi lancar dan tenaga kembali seperti semula. 

Semua cara menghemat BBM di atas bisa Anda perhatikan mulai sekarang. Jadikan kesepuluh cara ini kebiasaan Anda saat mengendarai mobil. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Kaki Kaki Mobil

Cara Merawat Kaki-kaki Mobil

Jika Anda memiliki kendaraan roda empat, tentu familiar dengan istilah kaki-kaki mobil. Ya, komponen ini terdiri dari berbagai rangkaian yang terletak di bawah mobil. Bagian rangka...

selengkapnya