Tips & Trik

Apa keunggulan dari mobil hybrid?

PUBLISHED DATE : 20 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-25.jpg

Mobil hybrid saat ini sedang naik daun dan jadi topik pembicaraan para pecinta otomotif. Mobil ini adalah kendaraan yang tenaganya dihasilkan dari dua tipe mesin yang berbeda, yaitu mesin konvensional dengan menggunakan bahan bakar dan juga mesin listrik dengan tenaga baterai. Kedua sumber tenaga yang menjadi penggerak mobil hibrida ini bertujuan tentunya agar pengemudi bisa dengan mudah berpindah dari satu tipe mesin ke tipe lainya. 

Selain memiliki 2 pilihan sumber tenaga, mau BBM atau listrik apa lagi yang jadi keunggulan mobil hybrid? Simak ulasan berikut ini!

  • Lebih Irit BBM

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mobil hybrid memilki 2 mesin yakni yang menggunakan BBM dan mesin bertenaga baterai. Pada saat diperlukan, seperti situasi mobil sedang macet, mobil hybrid bisa dengan mudah meniadakan penggunaan BBM dan mobil beralih dengan bergerak lewat tenaga baterai. Lewat cara ini tentunya akan menghemat BBM, mengingat pada saat kendaraan berhenti di tengah kemacetan biasanya akan boros BBM. Selain itu, seluruh sistem mobil saat pertama kali dinyalakan juga akan mengambil tenaga dari baterai tanpa menggunakan bahan bakar. 

  • Akselerasi Lebih Cepat

Baca Juga : Jenis-jenis Mobil yang Cocok Sesuai dengan Profesi

Keberadaan dua mesin bertenaga BBM dan baterai yang sama kuatnya, mendukung agar mobil hybrid bisa berakselerasi semakin maksimal. Hal ini mematahkan stigma masyarakat bahwa mobil irit performa akselerasinya biasanya kurang. 

  • Ramah Lingkungan

Lewat teknologi dan sumber tenaga dari baterai membuat penggunaan BBM jadi berkurang. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap berkurangnya buangan gas emisi yang merusak lingkungan. Jadi bisa dibilang dengan menggunakan mobil Mobil hibrida Anda bisa ikut serta menjaga lingkungan. 

  • Getaran Mesin Lebih Halus

Pada saat berkendara di tengah kota, sering pengemudi dihadapkan dengan suara bising dan getaran mesin saat jalanan sedang padat. Namun, pada mobil hybrid, hal ini bisa diminimalisir karena saat terjebak macet, mesin yang aktif menggunakan tenaga baterai, sehingga minim suara dan getaran.

  • Perpindahan Gigi Terasa Halus

Baca Juga : Sedikit Yang Tahu, Ini Jenis Polisi Tidur & Regulasinya

Mobil hybrid dilengkapi dengan transmisi tipe CVT (Continuously Variable Transmission) yang memiliki keunggulan perpindahan gigi yang lebih terasa halus bahkan nyaris tidak terasa jika dibandingkan dengan transmisi pada mobil konvensional. 

Mobil Hybird Suzuki

Turut meramaikan pasar otomotif dengan mobil bertenaga hybrid, Suzuki dalam waktu dekat akan meluncurkan mobil Suzuki Ertiga Hybrid. Teknologi elektrifikasi pada salah satu mobil MPV terlaris ini, akan mengoptimalkan tingkat efisiensi mesin untuk mengurangi BBM dan emisi CO2. Sehingga lebih ramah lingkungan dan turut berpartisipasi mengurangi pemanasan global. 

Baca Juga : 3 Mitos Seputar Pembiayaan Mobil

Tak hanya itu, kenyamanan dengan sensasi baru berkendara juga jadi hal utama yang ditawarkan Suzuki Ertiga Hybrid.

Kinerja mobil hybrid Suzuki ini sendiri terletak pada efisiensi dengan mengandalkan 2 komponen utama pendamping mesin bensin (internal combution engine). Teknologi yang diterapkan Suzuki adalah teknologi mild hybrid yang meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hal ini dimungkinkan karena mesin mengisi baterai menggunakan teknologi Integrated Starter Generator (ISG). ISG sendiri yang merupakan teknologi yang akan mengatur efisiensi dari motor listrik serta baterai 70Ah. ISG memiliki dua fungsi, pertama sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan deselerasi (perlambatan) dan kedua motor akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi dari diam.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-30-(1)-(1)-(1).jpg

3 Mitos Seputar Pembiayaan Mobil

Membeli mobil secara kredit adalah salah satu cara umum untuk bisa membawa pulang mobil incaran Anda. Membeli mobil secara kredit bukanlah lagi hal yang aneh saat ini, bahkan selur...

selengkapnya