Tips & Trik

Sebenarnya Tidak Sulit, Yuk Pahami Pentingnya Safety Riding

PUBLISHED DATE : 15 Mei 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/arti_safety.jpg

Salah satu penyebab angka kematian tinggi di dunia selain adanya penyakit menular adalah karena kecelakaan lalu lintas. Bahkan menurut badan kesehatan dunia (WHO) angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas mencapai angka 1.35 juta. Dan rata-rata yang mengalami kecelakaan lalu lintas ini adalah usia 5 sampai 29 tahun.

Sebenarnya kita bisa bersama-sama mengurangi angka kecelakaan lalu lintas jika menerapkan safety riding. Lantas apa sebenarnya safety riding ini?

Pengertian Safety Riding

Apa itu safety riding? Safety artinya aman sedangkan riding artinya berkendara. Jadi bisa dibilang jika safety riding ini adalah berkendara dengan aman dan juga nyaman.

Baca Juga : Tips Aman Naik Motor untuk Wanita Berhijab

Jadi bisa dibilang pengertian safety riding merupakan suatu bentuk perilaku berkendara yang aman dan nyaman, aman dan nyaman ini dalam artian aman bagi diri sendiri dan juga bagi pengendara lain. Bisa dibilang safety riding ini merupakan sikap kita untuk mengkondisikan diri agar bisa mengendarai kendaraan dengan aman.

Cara Melakukan Safety Riding

safety riding

Lalu bagaimana cara melakukan safety riding? Berikut dibawah ini sudah saya berikan beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk melakukan safety riding. Langkah-langkah dibawah ini berguna untuk Anda agar bisa berkendara dengan benar dan aman untuk diri sendiri serta pengendara lain.

  1. Mengecek Kondisi Motor Sebelum Berkendara

    Baca Juga : Apa Itu Car Lift? Ketahui Ini Fungsi & Jenis Jenisnya

    Pastikan Anda selalu mengecek kondisi motor sebelum perjalan, hal ini untuk memastikan apakah ada kerusakan atau tidak pada motor yang akan kita naiki ini. Mengecek kondisi motor bisa Anda lakukan seperti mengecek angin ban, air radiator, lampu motor,  kampas rem dan yang terakhir adalah kondisi rantai motor kita.

    Pastikan lampu sepeda motor kita bisa menyala semua dengan normal. Jangan lupa juga untuk selalu membawa tool kit untuk berjaga-jaga, karena kita tidak tahu apakah dalam perjalanan motor kita akan mengalami masalah atau tidak.

    Kebanyakan dari pengendara saat ini sering melupakan hal ini, mereka sering lupa untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi motor sebelum dipakai. Padahal ini demi keselamatan berkendara diri sendiri dan juga orang lain. Jadi jangan sampai kita melupakan langkah ini, sebaiknya kalian pastikan dulu semua kondisi motor baik atau tidak.

  2. Menggunakan Helm SNI

    Baca Juga : Pengecekan Dasar Yang Harus Dilakukan Oleh Pengendara Kapal Pemula

    Helm adalah peralatan safety riding saat berkendara. Helm sangat penting dan wajib kita gunakan saat sedang berkendara. Helm menjadi alat yang wajib dan harus digunakan karena berguna untuk melindungi bagian yang sangat vital pada tubuh kita yakni kepala.

    Helm memiliki peran penting karena melindungi kepala kita dari gesekan aspal apabila kita mengalami kecelakaan atau pun terjatuh saat berkendara. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada kepala kita jika kita tidak menggunakan helm saat berkendara? tentu saja sangat membahayakan diri sendiri.

    Helm ini memiliki 2 variasi yaitu helm full face dan juga helm half face, terserah Anda ingin menggunakan jenis helm yang mana karenai yang paling utama adalah helm yang kita pakai berlabel SNI atau Standar Nasional Indonesia. Selain itu pastikan juga jika helm yang kita pakai pas di kepala kita, karena jika helm yang kita pakai kendor bisa saja lepas saat kalian terjatuh.

  3. Selalu Sedia Jas Hujan

    Jas hujan adalah salah satu peralatan safety riding yang harus selalu kita bawa kemana saja kita berkendara. Jas hujan sangat penting bagi berkendara  saat musim hujan seperti ini. Untuk itu pilihlah jas hujan yang nyaman dipakai, dan pastikan aman serta sesuai standar. Sehingga tidak akan mengganggu kita saat berkendara di jalan raya.

    Ada beberapa jenis jas hujan yang dijual di sekitar kita, diantaranya adalah jas hujan plastik dan juga jas hujan kain. Saya sarankan agar Anda menggunakan jas hujan yang sudah sepaket untuk tubuh bagian atas dan juga kaki, jadi isinya adalah baju dan celana.

    Menggunakan jas hujan yang tidak sesuai standar juga bisa mengganggu keselamatan diri sendiri dan orang lain. Seperti contoh penggunaan jas hujan yang tidak standar adalah bisa menutupi lampu bagian belakang motor atau malah juga bisa tercantol pada kendaraan di sampingnya. Untuk itu gunakanlah jas hujan yang standar.

  4. Selalu Patuhi Aturan Lalu Lintas

    Pengendara yang baik adalah pengendara yang bisa mematuhi semua aturan lalu lintas. Untuk itu Anda harus bisa mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas yang berlaku. Selain ini adalah peraturan, ini juga membantu diri kita sendiri agar selamat saat di jalan.

    Ada banyak sekali rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di jalan raya. Tentu saja rambu-rambu ini membutuhkan pemahaman para pengendara. Untuk itu Anda harus mengerti arti dari rambu-rambu lalu lintas yang ada seperti dilarang belok kiri, dilarang melawan arus dan sebagainya.

  5. Menggunakan Anti Fog Di Kaca Helm
    Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya