Tips & Trik

Tips Merawat Mobil Ertiga Kesayangan Anda

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-28.jpg

Mobil yang satu ini memang pantas dijuluki rajanya MPV. Mesin yang tangguh, fitur dan teknologi yang canggih, interior super nyaman untuk dibawa bersama keluarga serta harganya yang terjangkau membuat Suzuki Ertiga jadi mobil yang laris manis di Indonesia. Karena multifungsi dan juga irit bahan bakar, mobil yang hadir dalam tipe All New Ertiga dan Suzuki Ertiga Sport ini sangat cocok untuk jadi kendaraan harian Anda. Namun sebagai mobil yang sehari-hari dibawa wara-wiri, ANda harus memperhatikan kondisi seluruh komponennya agar mobil kesayangan Anda ini tetap awet dan nyaman dikendarai hingga waktu yang lama. Berikut yang harus Anda lakukan untuk merawat mobil Ertiga

Rutin servis berkala

Mengecek kondisi mobil secara berkala adalah agenda wajib para pemilik mobil yang tidak boleh disepelekan. Lewat servis berkala Anda bisa mengetahui kondisi seluruh komponen mobil, sehingga jika ada kerusakan ringan pada komponen maupun suku cadang Anda bisa segera memperbaiki atau menggantinya. Tujuannya tentu agar kerusakan jadi tidak semakin parah dan membuang banyak biaya. Hal yang terpenting juga dari servis berkala adalah pergi ke bengkel yang benar-benar terpercaya. Jangan asal sembarang pilih bengkel yang belum tentu memiliki reputasi yang baik atau lebih parah lagi menjual suku cadang palsu. Pastikan mobil Suzuki Ertiga Anda hanya diservis di bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda. 

Baca Juga : Ingin kredit Mobil? Ketahui Apa Itu DP dan Keuntungannya

Ganti Oli Secara Rutin

Oli memiliki peranan penting bagi mesin karena cairan inilah yang akan melumasi, melindungi, membersihkan dan mendinginkan mesin agar tidak rusak dan jebol saat proses pembakaran. Agar mobil tetap sehat, pastikan untuk selalu mengganti oli sesuai dengan jadwalnya. Adapun interval penggantian oli yang direkomendasikan adalah mulai dari 5000 km, 7000 km hingga 9000 km. Pilihlah oli yang berkualitas tinggi seperti oli dari Suzuki Ecstar. 

Memeriksa Aki Mobil

Baca Juga : Cara Kerja Mesin Tempel Kapal

Sebagai mobil yang membawa Anda ke satu tempat ke tempat lain setiap hari, aki mobil Suzuki Ertiga Anda sebaiknya harus sering diperiksa. Aki mobil sendiri sangat penting fungsinya bagi mobil Anda. Karenanya penting bagi Anda untuk tahu kapan harus mengisi ulang air aki, serta tanggal kadaluarsa aki tersebut supaya bisa Anda ganti sebelum tiba-tiba soak dan mesin tidak bisa menyala. Biasanya aki mobil memiliki daya tahan sekitar 2-5 tahun, namun ini bukanlah patokan. Faktor intensitas penggunaan mobil, cuaca dan juga suhu juga berpengaruh pada usia pakai aki. 

Merawat AC & Interior

Kenyamanan jadi keunggulan utama yang ditawarkan Suzuki Ertiga. Sebagai kendaraan yang terkenal jadi mobil keluarga, penting bagi Anda untuk selalu merawat kesehatan AC dan juga kondisi interior mobil. Pastikan AC berfungsi dengan baik dan tetap dingin dengan rutin melakukan servis serta merawat kondisi interior mobil. Selalu bersihkan debu dan kotoran pada jok mobil dengan vacuum cleaner serta pastikan reclining hingga arm rest berfungsi dengan baik. Dengan AC yang sehat dan dingin serta interior yang terawat, perjalanan bersama keluarga jadi nyaman dan menyenangkan. 

Baca Juga : SIM Hilang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengurusnya Sendiri

Panaskan Mesin

Meski dikenal sebagai mobil keluarga, bukan berarti performa mesin tak jadi hal yang dimiliki Suzuki Ertiga. Karenanya sebelum berakselerasi di jalan, sempatkan untuk selalu memanaskan mobil Anda selama kurang lebih 5 menit saja. Tak perlu terlalu lama memanaskan mobil agar bahan bakar tidak terbuang sia-sia agar mobil semakin siap mengaspal bersama Anda.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-28-(1)-(1)-(1)-(1)-(1)-(1).jpg

Cara Kerja Mesin Tempel Kapal

Suzuki Indomobil Sales tak hanya menghadirkan produk-produk kendaraan roda 4 dan roda 2 terbaik tapi juga menangani penjualan mesin Outboard Motor (OBM) lewat unit bisnis Suzuki Ma...

selengkapnya