Tips & Trik

Tips Meningkatkan Umur Rantai pada Motor

PUBLISHED DATE : 26 Juni 2023

Rantai Sepeda Motor

 

  • Hindari Akselerasi dan Pengereman Mendadak

 

Akselerasi dan pengereman secara tiba-tiba dapat memberikan tekanan berlebih pada rantai sepeda motor. Sebab saat melakukan akselerasi yang tiba-tiba, gaya tarikan yang kuat dapat menyebabkan rantai meloncat atau terlepas dari gir roda gigi

Begitu pula saat melakukan pengereman yang tiba-tiba, tekanan yang besar pada rantai dapat menyebabkan rantai cepat aus. Jadi,  lakukan akselerasi dan pengereman dengan halus dan perlahan.

 

  • Ganti Gigi dengan Halus

 

Baca Juga : Handle Rem Mobil Keras? Ini Penyebabnya!

Selain akselerasi dan rem yang mendadak, proses pergantian gigi yang kasar atau tidak halus juga dapat menyebabkan lonjakan tekanan. Sebab jika proses ganti gigi dilakukan dengan kasar, rantai akan memperoleh beban berlebih dan cepat aus.

Untuk menghindari hal ini, perhatikan teknik pergantian gigi yang tepat. Gunakan gigi atau kopling dengan lembut dan pastikan pergantiannya dilakukan secara halus tanpa perlakuan berlebihan.

 

  • Hindari Membawa Beban Berlebih

 

Terakhir, membawa beban melebihi kapasitas kendaraan juga dapat mempercepat keausan rantai. Pasalnya, jika Anda membawa beban yang terlalu berat atau melebihi kapasitas maksimum kendaraan, rantai akan menerima tekanan yang berlebihan.

Hal ini dapat menyebabkan ketegangan rantai yang tidak seimbang dan mempercepat keausan rantai serta komponen lainnya. Karena itu, pastikan untuk mengikuti batasan beban yang dianjurkan oleh pabrikan kendaraan Anda.

Manfaat Memperpanjang Umur Rantai Motor

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya