Tips & Trik

Tips Meningkatkan Umur Rantai pada Motor

PUBLISHED DATE : 26 Juni 2023

Rantai Sepeda Motor

Ketegangan rantai yang tidak tepat dapat memiliki dampak negatif pada performa kendaraan dan usia rantai itu sendiri. Sebab jika rantai dipasang terlalu kendur, risiko terlepas dari gir roda gigi akan meningkat.

Di sisi lain jika rantainya terlalu tegang, maka tekanan berlebih yang diterima oleh rantai dapat mengakibatkan rantai cepat aus serta merusak komponen lainnya. Karena itu, pastikan kondisi ketegangannya sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor Anda.

2. Bersihkan Rantai Secara Rutin

Tips memperpanjang umur rantai selanjutnya yaitu dengan membersihkan rantainya secara rutin. Pasalnya, rantai yang kotor akibat terkena kotoran, kerak, sisa oli, atau karat dapat mengurangi performa dan meningkatkan keausan.

Sebaiknya bersihkan rantai Anda setidaknya sebulan sekali, atau bersihkan lebih sering jika Anda kerap berkendara di lingkungan yang berdebu atau lembab. Namun saat membersihkan, pastikan motor berada dalam keadaan mati.

Selain itu, gunakan pembersih rantai yang direkomendasikan atau yang dirancang khusus untuk sepeda motor. Tuangkan cairan pembersih ke sikat atau kain bersih, lalu gosok rantai secara perlahan sambil memutar roda belakang hingga bersih merata.

3. Beri Pelumas (Oli) untuk Mengurangi Gesekan

Terakhir, jangan lupa untuk rutin melumasi rantai sepeda motor Anda. Pelumas dapat membantu mengurangi gesekan antara rantai dan roda gigi, sehingga mengurangi keausan dan memperpanjang umur rantai.

Baca Juga : 3 Fitur Favorit Yang Membuat Suzuki Ertiga Hybrid Begitu Populer

Jangan lupa, gunakan pelumas yang direkomendasikan oleh produsen motor Anda atau pelumas khusus rantai sepeda motor. Pastikan seluruh bagian rantai terkena pelumas, termasuk bagian dalamnya.

Selain itu, hindari penggunaan pelumas secara berlebihan, karena dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang lebih cepat. Kemudian setelah memberikan pelumas, biarkan rantai mengering lalu bersihkan sisa kelebihan pelumas dengan kain bersih.

Cara Memeriksa dan Mengatur Ketegangan Rantai Motor

rantai motor

Pixabay

Salah satu tips meningkatkan umur rantai sepeda motor adalah dengan mengatur ketegangan rantainya agar tetap optimal. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Persiapkan motor di posisi yang tepat. Tempatkan motor pada standar tengah di atas permukaan yang datar, lalu matikan mesin dan pastikan gigi dalam posisi netral.
  • Periksa kekenduran rantai. Untuk memulai proses pengukuran, tekan rantai ke arah atas pada bagian tengah rantai. Berikan tekanan sedang untuk memastikan kekendurannya sambil memperhatikan pergerakan rantai saat ditekan.
  • Saat mengukur pergerakan rantai, gunakan mistar atau alat pengukur lain. Tempatkan mistar sejajar dengan rantai dan perhatikan jarak antara mistar dengan rantai pada titik terdekat dan terjauh. Catat hasil pengukuran tersebut.
  • Bandingkan hasil pengukuran tersebut dengan jarak bebas yang direkomendasikan oleh produsen sepeda motor Anda, yaitu jarak antara titik terdekat dan terjauh rantai saat dalam keadaan rileks.
  • Jika pergerakannya melebihi standar, berarti rantai terlalu kendur dan perlu disetel. Untuk menyetel ketegangannya, gunakan alat yang sesuai seperti kunci pas atau kunci wrench dengan cara memutar baut penyetel pada roda belakang.
  • Jika sudah sesuai standar, uji kembali ketegangannya secara langsung dengan menggerakkan sepeda motor secara perlahan.
  • Apabila tidak ada masalah seperti rantai terlepas dari gir roda gigi atau motor tidak bisa berjalan, artinya proses penyetelan sudah selesai.

Kebiasaan Berkendara yang Perlu Dihindari untuk Meningkatkan Umur Rantai Motor

Selain menjaga kondisi ketegangan rantai, Anda juga perlu mengontrol kebiasaan berkendara agar usia pakai rantai semakin lama. Berikut ini beberapa kebiasaan berkendara yang buruk dan dapat merusak rantai sehingga perlu dihindari:

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya