Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Speedometer, Odometer dan Tachometer

PUBLISHED DATE : 29 Januari 2021

Eriga (2)

Terlepas dari dua jenis alat ukur jarak yaitu mekanik dan elektronik, alat ukur ini tetap mempunyai fungsi yang sama. Anda dapat mengetahui detail lengkap fungsi alat ukur jarak ini pada poin berikut.

  • Untuk mengetahui berapa jumlah jarak tempuh yang telah dilewati sejak awal digunakan hingga saat ini.
  • Dapat menampilkan angka jarak tempuh sehingga dapat menjadi tolak ukur ketika Anda ingin membeli mobil bekas, dan menjawab pertanyaan kendaraan yang akan dibeli telah menempuh jarak seberapa jauh.

Perawatan Terhadap Odometer

Meskipun terlihat kecil dan jarang mendapat perhatian, ternyata odometer juga dapat bermasalah. Terlebih lagi ternyata angka alat ukur jarak ini dapat diubah sehingga akan terlihat mobil masih menempuh jarak yang dekat.

Meski demikian, bekas dari adanya rekayasa angka ini masih dapat diketahui ketika perubahan angka dilakukan pada jenis odometer mekanis, sebab akan meninggalkan bekas.

Baca Juga : Kerusakan Kopling Mobil Bisa Dideteksi dengan Cara Ini

Namun, apabila perubahan angka dilakukan pada odometer elektronik untuk mengetahuinya akan lebih susah dan perlu ditangani oleh ahlinya.

Kembali membahas perawatannya, perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan alat ini dapat Anda ketahui melalui beberapa poin berikut.

  • Pastikan panel odometer tidak mati dengan melakukan pengecekan secara rutin.
  • Apabila Anda menemukan panel odometer mati, segera bawa ke bengkel terdekat untuk diberikan perawatan.
  • Apabila kurang memahami tentang alat ukur yang satu ini, Anda perlu melakukan servis secara rutin untuk mengetahui kondisi alat ukur jarak.
  • Pastikan saat dilakukan pergantian komponen mobil, termasuk komponen ini, komponen yang dipasang adalah jenis yang orisinil. Komponen yang tidak orisinil hanya akan membuat kendaraan Anda menjadi rusak lebih cepat.
  • Jangan memasang speedometer secara asal-asalan karena dapat merusak alat. Jika ragu untuk memasang alat ukur jarak ini di rumah, Anda dapat memasangnya di tempat servis atau bengkel resmi terdekat.

Cara Kerja Tachometer

Komponen yang satu ini pada dasarnya sama seperti alat ukur pada kendaraan mobil pada umumnya. Bedanya adalah, alat ini khusus mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek dalam hitungan per menit. Tachometer berasal dari bahasa Yunani yaitu kata tachos dan metron.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya