Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Speedometer, Odometer dan Tachometer

PUBLISHED DATE : 29 Januari 2021

Eriga (2)

Speedometer adalah alat ukur kecepatan kendaraan. Sedangkan odometer adalah alat penunjuk jarak tempuh dan tachometer adalah pengukur kecepatan per menit. 

Komponen speedometer, odometer dan tachometer mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Namun, sepertinya masih banyak yang belum mengerti sepenuhnya fungsi dari sparepart ini. Artikel ini menjelaskan secara mendalam cara kerja dan fungsinya.

Cara Kerja Speedometer

Baca Juga : Begini Cara Kerja Rem ABS Pada Mobil

Speedometer dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai alat untuk mengukur kecepatan pada kendaraan.Terdapat dua jenis alat ukur kecepatan ini yaitu jenis analog dan digital. Cara kerja kedua jenis alat ukur ini pun juga berbeda.

Speedometer analog menggunakan cara kerja yang menggunakan roda bergigi. Roda bergigi ini akan terhubung dengan poros roda yang dilengkapi pula dengan jarum sebagai penunjuk kecepatan saat berkendara.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Rem

Mengenal Apa Itu Engine Brake

Pengoperasian mobil matic yang mudah yaitu hanya dengan mengandalkan pedal gas dan rem membuat jenis mobil ini lebih banyak diproduksi dan digunakan. Namun masih banyak yang mengal...

selengkapnya