Tips Aman Modifikasi Pelek dan Roda Mobil

02 Desember 2018
Share to

Mengganti pelek dan ban mobil kesayangan dengan pelek dan ban yang berukuran lebih besar sudah cukup lama digemari karena bisa membuat pengendalian mobil lebih mantap dan tampilan mobil menjadi lebih wah. Tapi, kenyamanan dan tampilan gagah itu cuma bisa didapat jika  pemilihan pelek dan ban juga tepat. Begitu juga dengan cara pemasangannya. Jika ukuran pelek atau ban yang dipilih tidak sesuai jenis dan tenaga mobil, hal ini justru bisa menjadi masalah.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut tipsnya.

1. Sesuaikan ukuran ban dengan tenaga mobil

Sebelum pilih pelek dan ban yang akan dipasang coba perhatikan rekomendasi dari pabrikan. Biasanya, produsen akan menyarankan ban pengganti berukuran yang lebih besar tidak lebih dari 2 inci dari ukuran standarnya.

2. Pilah dan pilih pelek

Di dunia modifikasi pelek dikenal istilah plus one, two atau three, yang artinya, penambahan ukuran pelek pengganti bertambah 1 inci, 2 inci, atau 3 inci. Jika ukuran pelek sebelumnya 15 atau 16 inci dan seterusnya, maka ukuran pelek yang ideal untuk dipilih adalah 16 atau 17 inci dan seterusnya yang bertambah satu inci.

Penambahan hingga dua inci ke atas tidak disarankan karena tidak hanya daya cengkeram yang ditimbulkan kecil, hydroplaning resistance maupun traksi juga kecil.

3. Sesuaikan lebar dan ketebalan ban dengan pelek

Tiap penambahan ukuran pelek 1 inci, maka tebal ban wajib dikurangi 5-10% dari ukuran standarnya. Adapun lebar tapak ban wajib berkurang 10 milimeter.Pastikan juga speed rating (tingkat kecepatan) dan load rating ban baru lebih tinggi dari ban standarnya.

Jika kurang paham  berapa ukuran keduanya tanya  ke petugas bengkel.

4. Ganti shock dan beri tambahan anti roll bar

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, ganti shock dan spring dengan ukuran lebih pendek. Kenapa? Karena fakta selama ini menunjukkan makin rendah kendaraan maka kendali mobil juga semakin mantap.

Kenyamanan pengemudi dan penumpang akan makin maksimal jika ditambah perangkat anti roll bar. Peranti ini akan dipasang di sistem suspensi roda depan dan fungsinya adalah menyeimbangkan seluruh bagian mobil karena beban yang tidak rata saat mobil berputar atau menikung.

Itulah beberapa tips aman modifikasi pelek dan roda mobil. Semoga bermanfaat!