Tips & Trik

Ternyata Ini Perbedaan Speedometer, Odometer dan Tachometer

PUBLISHED DATE : 29 Januari 2021

Eriga (2)

Tachos berarti kecepatan sedangkan metron berarti mengukur. Pada awal kemunculannya alat ini dibuat dengan menggunakan dial, jarum yang menunjukkan angka sekaligus sebagai indikator tingkat aman dan bahaya.

Namun, seiring berjalannya waktu, alat pengukur kecepatan rotasi dibuat dengan menggunakan tachometer digital. Kelebihan tachometer digital jika dibandingkan dengan model dial adalah dapat membaca numerik dengan lebih tepat dan akurat.

Perawatan Terhadap Tachometer

Perawatan pada alat ukur ini cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya yang besar Jika Anda membutuhkan cara yang tepat untuk melakukan perawatan pada tachometer berikut ini cara yang dapat Anda tiru.

  • Hindari atau jangan pernah memasang komponen ini dalam medan magnet dengan arus yang kuat.
  • Apabila Anda ingin mengukur besaran listrik yang belum diketahui, cobalah dengan memulai dengan jangkauan terbesar.
  • Hindari menempatkan komponen ini di bawah terik sinar matahari. Pilih tempat yang redup dan mempunyai angin yang cukup.
  • Jangan tempatkan komponen ini pada tempat bergetar.
  • Untuk proses pembersihan, jangan pernah mencucinya dengan cairan pelarut, tetapi cuci dengan air bersih saja.

Jenis Tachometer

Ada beberapa jenis tachometer yang dapat Anda gunakan. Jenis yang pertama adalah tachometer optic. Jenis ini digunakan untuk mengukur kecepatan sudut putar (rpm). Tachometer optik mempunyai kelebihan dengan adanya alat photosensor.

Baca Juga : Catat, Ini Ciri-ciri Shockbreaker Mobil Rusak & Solusinya

Photo Sensor bermanfaat untuk mendeteksi jumlah garis pada tachometer optic. Sedangkan kekurangan dari alat ini yaitu tidak dapat mendeteksi (merasakan) jarak dan posisi. Meski demikian hal ini dapat diatasi dengan memasang dua (buah) photosensor.

Selanjutnya, jenis yang kedua adalah tachometer Rotor bergigi. Jenis ini dirangkai dari sebuah sensor tetap yang dilengkapi dengan pemutar gerigi dan roda. Sensor ini tidak hanya tunggal namun memiliki dua pilihan, yakni antara sensor Variable Reluctance Sensor dan Hall Effect Sensor.

Kelebihan dari tachometer Rotor Bergigi adalah dapat menampilkan sebuah pulsa sekaligus menghasilkan pulsa dengan tampilan kotak yang jernih.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

106147010 S1

Apa Itu Oli Palsu?

Beredarnya oli palsu membuat pemilik kendaraan roda empat atau roda dua harus terus waspada. Khususnya bagi Anda yang tidak pernah mengecek kemasan oli dan hanya mempercayakan kepa...

selengkapnya