Tips & Trik

3 Penyebab Speedometer Mobil Mati & Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 02 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/2__Ertiga0920_(1).jpg

Setiap pengemudi pasti selalu memperhatikan bagian speedometer pada saat mobil melaju tanpa disadari. Komponen yang berada di bagian dashboard ini harus selalu dalam kondisi prima sehingga menunjukkan tingkat kecepatan mobil. 

Namun pernahkah Anda mendapati jarum speedometer tiba-tiba tidak bergerak atau justru berjalan tidak stabil? Penyebab speedometer mobil mati atau rusak pun bisa diakibatkan oleh beberapa hal. 

Simak apa saja penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya agar dapat bekerja normal kembali. 

3 Penyebab Speedometer Mobil Mati yang Wajib Diketahui 

Baca Juga : Apa Itu Freon AC pada Mobil, Fungsi, dan Jenisnya

Tanpa speedometer, Anda akan kesulitan untuk mengetahui seberapa cepat mobil sedang melaju. Tanpa informasi ini, Anda bisa saja berada di luar kendali dan mengalami kecelakaan pada saat menikung atau ingin menyalip kendaraan lainnya. 

Speedometer adalah alat pengukur kecepatan dengan hitungan kilometer per jam. Alat ini tak hanya digunakan pada mobil tetapi juga kendaraan bermotor seperti sepeda motor, bus dan juga truck. 

Jenis dari speedometer ada dua yaitu analog dan juga digital. Jika analog sistemnya memanfaatkan roda gigi dan poros roda, speedometer digital memanfaatkan komputasi pulsa magnetik dan pulser. 

Baca Juga : Ketahui Ini Perbedaan Jenis Transmisi Otomatis dan Manual

Khusus untuk speedometer analog pengoperasiannya memanfaatkan kabel yang memiliki kawat kaca. Sedangkan speedometer digital cara kerjanya memanfaatkan instrument cluster yang diputar dengan kawat kopel. 

Dibandingkan speedometer analog, angka yang ditunjukan pada digital lebih tepat. Hanya saja tingkat kerusakan speedometer digital jauh lebih mudah dibandingkan analog. Penyebab speedometer mobil mati pun dibedakan menjadi berikut ini. 

  1. Muncul Masalah di Sistem Kelistrikan Mobil

Kelistrikan pada mobil membuat lampu menyala begitu juga dengan indikator speedometer. Cara kerja speedometer tidak terpisahkan dari kelistrikan karena hadirnya listrik inilah yang membuat komponen speedometer dapat bekerja. 

Baca Juga : Wahai Biker Ketahui 8 Fungsi Busi Motor dan Cara Kerjanya

Rangkaian kabel pada speedometer yang mengalir listrik dan mengalami masalah bisa menjadi penyebab utamanya. Kerusakan bisa terjadi karena kabel atau soket yang putus dan aliran listrik pun terhenti. 

Pemeriksaan bagian kabel yang terhubung dengan speedometer harus dicek pertama kali. Anda bisa mengecek apakah muncul aliran listrik pada kabel tersebut atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya segera ganti dengan kabel yang baru. 

Sistem kelistrikan yang konslet biasanya juga tidak hanya mempengaruhi speedometer saja tetapi juga komponen lain. Misalnya saja lampu mobil yang menyala redup atau mobil susah untuk distarter. 

    2. Panel Speedometer yang Error 

Penyebab speedometer mobil mati yang kedua adalah kerusakan pada panelnya. Setelah Anda mengecek sistem kelistrikan ternyata tidak mengalami masalah, maka cek panelnya. Kerusakan juga lebih sering terjadi pada bagian panel speedometer ini. 

Pada saat panel speedometer rusak ada dua hal yang akan terjadi. Pertama jarum penunjuk atau angka yang muncul mulai terlihat samar. Kedua speedometer akan mati total yang menyebabkan panik. 

Kerusakan bisa langsung terjadi jika satu panel saja mulai error yang membuat indikator panel tidak bekerja optimal. Pengecekan bisa dilakukan dengan memanfaatkan scan tool, alat ini sangat bermanfaat untuk mengetahui panel mana yang perlu diganti.

    3. 
Sensor Speedometer Tidak Lagi Bekerja 

Terakhir adalah masalah pada sensor speedometer. Sensor yang berada di bagian transmisi inilah yang berperan besar untuk mendeteksi tingkat kecepatan kendaraan. Khusus untuk speedometer digital sensor ini biasanya berjenis optik dengan perawatan mudah. 

Hanya saja sensor yang rusak juga bisa menjadi penyebab speedometer mobil mati. Misalnya saja bagian soket menjadi longgar atau transduser yang aus. Akibatnya kecepatan mobil pun tidak dapat diketahui. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya