Tips & Trik

3 Penyebab Speedometer Mobil Mati & Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 02 November 2021

2  Ertiga0920 (1)

Setiap pengemudi pasti selalu memperhatikan bagian speedometer pada saat mobil melaju tanpa disadari. Komponen yang berada di bagian dashboard ini harus selalu dalam kondisi prima sehingga menunjukkan tingkat kecepatan mobil. 

Namun pernahkah Anda mendapati jarum speedometer tiba-tiba tidak bergerak atau justru berjalan tidak stabil? Penyebab speedometer mobil mati atau rusak pun bisa diakibatkan oleh beberapa hal. 

Simak apa saja penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya agar dapat bekerja normal kembali. 

3 Penyebab Speedometer Mobil Mati yang Wajib Diketahui 

Tanpa speedometer, Anda akan kesulitan untuk mengetahui seberapa cepat mobil sedang melaju. Tanpa informasi ini, Anda bisa saja berada di luar kendali dan mengalami kecelakaan pada saat menikung atau ingin menyalip kendaraan lainnya. 

Speedometer adalah alat pengukur kecepatan dengan hitungan kilometer per jam. Alat ini tak hanya digunakan pada mobil tetapi juga kendaraan bermotor seperti sepeda motor, bus dan juga truck. 

Jenis dari speedometer ada dua yaitu analog dan juga digital. Jika analog sistemnya memanfaatkan roda gigi dan poros roda, speedometer digital memanfaatkan komputasi pulsa magnetik dan pulser. 

Khusus untuk speedometer analog pengoperasiannya memanfaatkan kabel yang memiliki kawat kaca. Sedangkan speedometer digital cara kerjanya memanfaatkan instrument cluster yang diputar dengan kawat kopel. 

Baca Juga : Ingat, Jarak Tempuh Bukan Lagi Patokan Mengganti Oli

Dibandingkan speedometer analog, angka yang ditunjukan pada digital lebih tepat. Hanya saja tingkat kerusakan speedometer digital jauh lebih mudah dibandingkan analog. Penyebab speedometer mobil mati pun dibedakan menjadi berikut ini. 

  1. Muncul Masalah di Sistem Kelistrikan Mobil

Kelistrikan pada mobil membuat lampu menyala begitu juga dengan indikator speedometer. Cara kerja speedometer tidak terpisahkan dari kelistrikan karena hadirnya listrik inilah yang membuat komponen speedometer dapat bekerja. 

Rangkaian kabel pada speedometer yang mengalir listrik dan mengalami masalah bisa menjadi penyebab utamanya. Kerusakan bisa terjadi karena kabel atau soket yang putus dan aliran listrik pun terhenti. 

Pemeriksaan bagian kabel yang terhubung dengan speedometer harus dicek pertama kali. Anda bisa mengecek apakah muncul aliran listrik pada kabel tersebut atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya segera ganti dengan kabel yang baru. 

Sistem kelistrikan yang konslet biasanya juga tidak hanya mempengaruhi speedometer saja tetapi juga komponen lain. Misalnya saja lampu mobil yang menyala redup atau mobil susah untuk distarter. 

    2. Panel Speedometer yang Error 

Penyebab speedometer mobil mati yang kedua adalah kerusakan pada panelnya. Setelah Anda mengecek sistem kelistrikan ternyata tidak mengalami masalah, maka cek panelnya. Kerusakan juga lebih sering terjadi pada bagian panel speedometer ini. 

Pada saat panel speedometer rusak ada dua hal yang akan terjadi. Pertama jarum penunjuk atau angka yang muncul mulai terlihat samar. Kedua speedometer akan mati total yang menyebabkan panik. 

Kerusakan bisa langsung terjadi jika satu panel saja mulai error yang membuat indikator panel tidak bekerja optimal. Pengecekan bisa dilakukan dengan memanfaatkan scan tool, alat ini sangat bermanfaat untuk mengetahui panel mana yang perlu diganti.

    3. 
Sensor Speedometer Tidak Lagi Bekerja 

Terakhir adalah masalah pada sensor speedometer. Sensor yang berada di bagian transmisi inilah yang berperan besar untuk mendeteksi tingkat kecepatan kendaraan. Khusus untuk speedometer digital sensor ini biasanya berjenis optik dengan perawatan mudah. 

Hanya saja sensor yang rusak juga bisa menjadi penyebab speedometer mobil mati. Misalnya saja bagian soket menjadi longgar atau transduser yang aus. Akibatnya kecepatan mobil pun tidak dapat diketahui. 

Sensor yang rusak juga mempengaruhi nyala lampu check engine menyala pada mobil injeksi. Sedangkan untuk kendaraan yang memanfaatkan rem ABS, sensor ini dipasang justru pada bagian roda mobil. 

Jika letaknya di roda mobil, maka ketika rem ABM rusak maka sensor juga mengalami masalah. Anda perlu mengecek bagian rem ABM sekaligus sensor speedometer ini, jika rusak segeralah bawa ke bengkel resmi terdekat. 

2._Ertiga0920__2_

Cara Mengatasi Speedometer Mobil yang Mati 

Lebih mudah untuk memperbaiki speedometer yang mati ketika kendaraan masih di rumah. Misalnya saat Anda baru keluar rumah, kemudian mendeteksi jarum speedometer atau angka yang seharusnya muncul justru mati. 

Berbeda jika Anda menemukan speedometer mobil yang tiba-tiba mati pada saat sedang perjalanan jauh. Rasa was-was takut kecepatan mobil tidak terkendali atau kerusakan komponen lainnya pun akan muncul. 

Tidak perlu khawatir dan tetap tenang adalah langkah awal yang harus dilakukan saat Anda mendapati speedometer mati. Selain itu, beberapa cara mengatasi penyebab speedometer mobil mati berikut ini bisa diikuti. 

  • Mengecek Sekring 

Anda bisa mengecek terlebih dahulu sekring yang terhubung dengan speedometer. Sekring yang putus akan mengakibatkan speedometer mati dan Anda harus menggantinya. Penggantian sekring akan memperbaiki operasional speedometer

Jangan lupa untuk membeli sekring yang sama karena masing-masing mobil biasanya berbeda. Terutama ukurannya yang kecil sehingga harus berhati-hati pada saat menggantinya. 

  • Mengecek Kinerja Aki 

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Karburator Banjir & Solusinya

Komponen aki berperan sangat penting dalam kinerja sistem kelistrikan. Seperti yang telah dijelaskan, terjadinya konslet menjadi penyebab speedometer mobil mati. Oleh karena itu jika aki yang berfungsi menyimpan daya tidak bekerja, maka listrik tidak akan tersambung. 

Aki mobil mungkin saja perlu dicharge sehingga mampu bekerja secara normal kembali. Apabila aki tidak dapat menampung daya kembali, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. 

  • Perawatan Speedometer

Selain cara mengatasi, Anda juga harus melakukan perawatan demi mencegah terjadinya kerusakan. Komponen speedometer sendiri sebenarnya cukup awet apalagi jika dirawat dengan benar. 

Jika Anda menggunakan speedometer digital, maka harus mengecek arus tegangan aki dengan benar sehingga kinerja indikator speedometer tetap maksimal. Sedangkan untuk speedometer analog sebaiknya rutin melumasi bagian pengaturan gigi saja. 

Baik itu mengecek kerusakan speedometer atau perawatannya juga diperlukan tenaga khusus yang sudah ahli. Anda bisa mengandalkan teknisi dari bengkel resmi Suzuki untuk memperbaikinya. 

Bengkel resmi Suzuki bisa Anda temukan dari daftar berikut ini yang tersebar di Sumatera, Jawa dan Bali. 

  1. Restu Mahkota Karya , www.suzukimahkota.co.id 
  2.  Armada Banda Jaya area Aceh, www.suzukiaceh.co.id 
  3.  Arista Sukses Abadi  area Medan, www.suzukiarista.com 
  4.  Trans Sumatra Andalan area Trans Sumatera, www.tsasuzuki.com 
  5.  Rodamas Makmur Motor  area Batam, www.suzukimobilbatam.co.id 
  6. Arista Sukses Abadi area Tanjung Pinang, www.suzukipinang.com 
  7.  Sejahtera Buana Trada area Riau,  www.suzukimobilriau.co.id 
  8.  Elang Perkasa Motor area Sumatera Barat, www.suzukiepmsumbar.co.id 
  9.  Jaya Indah Motor area Jambi, www.suzukijambi.co.id 
  10.  Kangaroo Motor Mandiri area Bengkulu, www.suzukibengkulu.co.id 
  11.  Nusa Sarana Citra Bakti area Sumatera Selatan, www.suzukithamrin.co.id   
  12.  Jagorawi Motor area Bangka Belitung, www.suzukijagorawi.co.id 
  13.  Persada Lampungraya area Lampung, www.suzukilampung.co.id
  14.  Sumber Baru Aneka Mobil area Jakarta, www.suzukisbam.co.id 
  15.  Duta Cendana Adimandiri area Jakarta, www.suzukidutacendana.co.id 
  16.  Dwiperkasa Mobiltama area Tangerang, www.suzukidwiperkasa.co.id 
  17.  Armada Perkasa Mobilindo area Jakarta, www.suzukiarmada.co.id 
  18.  Handijaya Buana Trada area Jakarta, www.suzukigunungsahari.co.id 
  19.  Sejahtera Buana Trada area Jakarta, www.suzukitrada.co.id 
  20.  Indomobil Multi Trada area Jakarta, www.indomobilsuzukidealer.co.id 
  21.  Sun Motor Jakarta area Jakarta, www.suzukisunmotor.com 
  22.  Citra Asri Buana area Jakarta, www.suzukidealercab.co.id 
  23.  Trimitra Sejahtera Mobilindo area Jakarta, www.suzukitrimitra.co.id 
  24.  Sejahtera Armada Trada area Depok, www.suzukimargondadepok.co.id 
  25.  Pusaka Motor Utama area Bekasi dan Banten, www.suzukipusaka.co.id 
  26.  Nusantara Jaya Sentosa area Bandung, www.suzukinjs.co.id 
  27.  Arindo Gedong Jembar area Tegal, www.suzukiarindo.co.id 
  28.  Cinta Damai Putra Bahagia area Cirebon, www.suzukicintadamai.co.id 
  29.  Sejahtera Sunindo Trada area Semarang, www.suzukitradajateng.co.id 
  30.  Solo Indonesia Utama area Solo, www.suzukisurakarta.co.id 
  31.  Sumber Baru Aneka Motor area Yogyakarta, www.suzukisumberbaru.co.id 
  32.  Sejahtera Sumberbaru Trada area Malang, ww.suzukidealerkalimalang.id 
  33.  United Motor Centre area Surabaya, www.suzukiumc.co.id 
  34.  Sejahtera Buana Trada area Surabaya, www.suzukitradajatim.co.id 
  35.   United Indo Bali area Bali, www.suzukibali.id 

Penyebab speedometer mobil mati tidak boleh Anda anggap sepele, apalagi menunda untuk memperbaikinya. Semakin lama menunda kerusakan bisa meluas ke area lainnya. 



Berita Lainnya

Rem

Mengenal Apa Itu Engine Brake

Pengoperasian mobil matic yang mudah yaitu hanya dengan mengandalkan pedal gas dan rem membuat jenis mobil ini lebih banyak diproduksi dan digunakan. Namun masih banyak yang mengal...

selengkapnya