Tips & Trik

3 Penyebab Speedometer Mobil Mati & Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 02 November 2021

2  Ertiga0920 (1)

Pada saat panel speedometer rusak ada dua hal yang akan terjadi. Pertama jarum penunjuk atau angka yang muncul mulai terlihat samar. Kedua speedometer akan mati total yang menyebabkan panik. 

Kerusakan bisa langsung terjadi jika satu panel saja mulai error yang membuat indikator panel tidak bekerja optimal. Pengecekan bisa dilakukan dengan memanfaatkan scan tool, alat ini sangat bermanfaat untuk mengetahui panel mana yang perlu diganti.

    3. 
Sensor Speedometer Tidak Lagi Bekerja 

Terakhir adalah masalah pada sensor speedometer. Sensor yang berada di bagian transmisi inilah yang berperan besar untuk mendeteksi tingkat kecepatan kendaraan. Khusus untuk speedometer digital sensor ini biasanya berjenis optik dengan perawatan mudah. 

Hanya saja sensor yang rusak juga bisa menjadi penyebab speedometer mobil mati. Misalnya saja bagian soket menjadi longgar atau transduser yang aus. Akibatnya kecepatan mobil pun tidak dapat diketahui. 

Sensor yang rusak juga mempengaruhi nyala lampu check engine menyala pada mobil injeksi. Sedangkan untuk kendaraan yang memanfaatkan rem ABS, sensor ini dipasang justru pada bagian roda mobil. 

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat Ganti Gir dan Rantai?

Jika letaknya di roda mobil, maka ketika rem ABM rusak maka sensor juga mengalami masalah. Anda perlu mengecek bagian rem ABM sekaligus sensor speedometer ini, jika rusak segeralah bawa ke bengkel resmi terdekat. 

2._Ertiga0920__2_

Cara Mengatasi Speedometer Mobil yang Mati 

Lebih mudah untuk memperbaiki speedometer yang mati ketika kendaraan masih di rumah. Misalnya saat Anda baru keluar rumah, kemudian mendeteksi jarum speedometer atau angka yang seharusnya muncul justru mati. 

Berbeda jika Anda menemukan speedometer mobil yang tiba-tiba mati pada saat sedang perjalanan jauh. Rasa was-was takut kecepatan mobil tidak terkendali atau kerusakan komponen lainnya pun akan muncul. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya