Tips & Trik

3 Penyebab Speedometer Mobil Mati & Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 02 November 2021

2  Ertiga0920 (1)

Speedometer adalah alat pengukur kecepatan dengan hitungan kilometer per jam. Alat ini tak hanya digunakan pada mobil tetapi juga kendaraan bermotor seperti sepeda motor, bus dan juga truck. 

Jenis dari speedometer ada dua yaitu analog dan juga digital. Jika analog sistemnya memanfaatkan roda gigi dan poros roda, speedometer digital memanfaatkan komputasi pulsa magnetik dan pulser. 

Khusus untuk speedometer analog pengoperasiannya memanfaatkan kabel yang memiliki kawat kaca. Sedangkan speedometer digital cara kerjanya memanfaatkan instrument cluster yang diputar dengan kawat kopel. 

Dibandingkan speedometer analog, angka yang ditunjukan pada digital lebih tepat. Hanya saja tingkat kerusakan speedometer digital jauh lebih mudah dibandingkan analog. Penyebab speedometer mobil mati pun dibedakan menjadi berikut ini. 

  1. Muncul Masalah di Sistem Kelistrikan Mobil

Kelistrikan pada mobil membuat lampu menyala begitu juga dengan indikator speedometer. Cara kerja speedometer tidak terpisahkan dari kelistrikan karena hadirnya listrik inilah yang membuat komponen speedometer dapat bekerja. 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Komponen Mobil Yang Patut Diketahui

Rangkaian kabel pada speedometer yang mengalir listrik dan mengalami masalah bisa menjadi penyebab utamanya. Kerusakan bisa terjadi karena kabel atau soket yang putus dan aliran listrik pun terhenti. 

Pemeriksaan bagian kabel yang terhubung dengan speedometer harus dicek pertama kali. Anda bisa mengecek apakah muncul aliran listrik pada kabel tersebut atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya segera ganti dengan kabel yang baru. 

Sistem kelistrikan yang konslet biasanya juga tidak hanya mempengaruhi speedometer saja tetapi juga komponen lain. Misalnya saja lampu mobil yang menyala redup atau mobil susah untuk distarter. 

    2. Panel Speedometer yang Error 

Penyebab speedometer mobil mati yang kedua adalah kerusakan pada panelnya. Setelah Anda mengecek sistem kelistrikan ternyata tidak mengalami masalah, maka cek panelnya. Kerusakan juga lebih sering terjadi pada bagian panel speedometer ini. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya