Tips & Trik

Tanda-Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

PUBLISHED DATE : 23 April 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tanda-Tanda_AC_Mobil_Sedang_Bermasalah2.jpg

Air Conditioning atau AC merupakan salah satu komponen mobil yang cukup berperan penting dalam menentukan kenyamanan dalam berkendara, terutama untuk Anda yang biasa berkendara di siang hari dan sering terjebak macet.

Sayang, banyak orang yang kurang peka dengan tanda-tanda AC mobil sedang bermasalah. Padahal, deteksi dini merupakan cara terbaik mencegah kerusakan yang lebih parah. Selain itu, deteksi dini kerusakan pun akan membuat ongkos services jauh lebih ringan ketimbang saat AC sudah rusak parah.

Bagaimana tanda AC mobil sedang bermasalah?

Baca Juga : Apa Itu Gasket? Ketahui Fungsi dan Manfaatnya Disini

Sebenarnya sangat mudah. Karena fungsi AC untuk menjaga suhu dalam kabin tetap dingin, maka salah satu untuk mendeteksi kerusakannya adalah, suhu AC terasa kurang dingin meskipun sudah dipaksa untuk bekerja di titik maksimal.

Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap filter AC. Biasanya, filter AC sendiri berada di balik dashbor mobil dan tersembunyi. Sesuai dengan namanya, filter AC ini berfungsi untuk menyaring debu dari karpet dan udara yang kemudian akan dihisap menuju blower AC.

Jika terlihat sudah kotor, segera bersihkan dengan mencucinya. Jangan lupa, gunakan sikat lembut agar filter tidak terluka saat dibersihkan. Jika usia filter AC ini sudah lebih dari 500 Km, sebaiknya Anda segera melakukan pergantian di bengkel Suzuki terdekat.

Baca Juga : Cari Tahu Apa Itu Silencer Knalpot Serta Bahan dan Fungsinya

Jika filter AC dalam kondisi bersih dan suhu udara masih sulit mencapai titik dingin normal, Anda bisa mengecek kondensor AC. Komponen ini biasanya terletak di bagian depan mobil. jika terlihat kotor, segera bersihkan. Cek juga bagian sirip kondensorya, jangan sampai tertekuk, apalagi bocor atau patah.

Selain suhu yang tidak terasa dingin, kerusakan AC mobil pun bisa dilihat dari keluarnya asap putih dari lubang atau kisi-kisi AC. Biasanya masalah ini terjadi karena evaporator AC mengalami pembekuan yang disebabkan thermostat AC yang sudah rusak.

Solusinya, Anda bisa langsung membersihkan evaporator AC ini. Tapi agar lebih maksimal, sebaiknya bersihkan di bengkel spesialis AC atau di bengkel resmi Suzuki. Jika harus melakukan pergantian komponen, pastikan Anda memilih komponen original.

Baca Juga : Ada Banyak Faktor, Ini Penyebab Lampu Motor Redup

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya