Tips & Trik

Patut Disimak, Begini Cara Mengisi Freon AC Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Ertiga0920.jpg

Semua mobil yang diproduksi masa kini tidak lengkap tanpa kehadiran Air Conditioner atau AC. Para pemilik kendaraan roda empat ini seharusnya juga tahu bagaimana cara mengisi freon AC mobil yang benar. 

Freon adalah bahan yang digunakan agar AC bisa bekerja mendinginkan kabin mobil. Anda mungkin tidak akan mengisi freon sendiri karena tidak memiliki keterampilan tersebut. Tetapi Anda perlu tahu cara pengisiannya agar dapat mengisinya di waktu yang tepat. 

Penjelasan Lengkap Cara Mengisi Freon AC Mobil 

AC mobil bekerja mendinginkan kabin dengan memanfaatkan freon. Mendengar freon Anda pasti teringat akan AC di rumah. Memang benar, semua pendingin udara termasuk AC menggunakan freon untuk bisa bekerja. 

Baca Juga : 7 Tips Memilih GPS Tracker yang Tepat untuk Kendaraan

Freon merupakan senyawa kimia yang disebut juga refrigerant, bentuknya adalah gas yang dimanfaatkan menjadi fluida penyerap beban pendingin. Ciri dari freon adalah tidak memiliki warna serta bau. 

Suhu normal dari freon adalah dingin dan sebelum didinginkan bisa mencapai 0 derajat Celcius, jadi setelah didinginkan suhunya akan minus. Tanpa adanya AC, udara dalam kabin akan terasa panas yang disebabkan oleh mesin kendaraan. 

Cara mengisi freon AC mobil pun sebenarnya ada beberapa langkah. Secara umum, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut. 

  1. Mengosongkan sisa freon

Baca Juga : Polusi Kendaraan, Jangan Hanya Salahkan BBM!

Langkah pertama adalah mengosongkan freon yang tersisa dalam AC. Tujuannya agar freon baru tak bercampur dengan yang lama. Karena jika keduanya bercampur, maka akan mempengaruhi kinerja dari AC. 

Caranya adalah dengan memasang manifold gauge atau manometer gauge yang merupakan alat untuk membaca tinggi atau rendahnya tekanan. Alat ini perlu ditutup kemudian digunungkan ke selang berwarna merah. 

Secara terperinci, pasang selang tekanan rendah warna merah ke port S atau L kompresor AC. Kemudian selang yang bertekanan tinggi warna biru pada port H atau D di kompresor AC. Apabila sudah selesai, buka kran tekanan rendah dan tinggi hingga freon keluar. 

Baca Juga : Menambah Zat Aditif pada Bensin, Bolehkah?

Tanda jika freon sudah habis adalah tekanan di keduanya menjadi nol dan tak ada suara berdesis yang keluar dari selang. 

    2. Vakum sisa freon dan membersihkan AC

Isi freon mungkin saja sudah habis, tapi Anda perlu menghilangkannya secara menyeluruh. Biasanya masih tersisa uap air pada sistem AC, ini juga perlu dihilangkan. Prosesnya membutuhkan mesin vakum dan membutuhkan waktu 15 menit. 

Proses vakum hanya boleh dilakukan ketika freon sudah dilepaskan ke udara dan angka harus mencapai minus 20 psi. Anda bisa menggunakan pompa vakum serta manifold gauge. 

Caranya adalah membuka kran tekanan rendah dan tinggi harus dibuka. Maka udara serta uap air akan keluar dari sistem. Jika sudah selesai dan angka menunjukkan minus 20 psi, Anda bisa menutup kran kembali. 

Apabila proses ini sudah selesai dilakukan, terakhir Anda bisa membersihkan AC mobil terlebih dahulu. Mungkin saja masih terdapat kotoran menyumbat yang bisa mengganggu kinerja setelah diisi ulang freon baru. 

    3. Melumasi sistem AC

Cara mengisi freon AC mobil tidak langsung mengisi freon, melainkan harus memberikan pelumas. Tujuannya agar kompresor AC memiliki mesin yang terjaga dan mencegah kerusakan. 

Setelah Anda menutup kran tekanan rendah dan tinggi, maka pompa vakum perlu dilepas. Siapkan pelumas berukuran 5-10 cc ke dalam gelas, pelumas yang digunakan juga bukan oli mesin. Kemudian masukan selang manifold gauge ke dalam gelas tersebut. 

Pelumas akan tersedot masuk melalui selang ketika Anda mulai membuka katup kran tekanan rendah sedikit. Tutup kran apabila semua pelumas sudah masuk, kemudian tekan knop yang terdapat di tengah manifold gauge. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya