Tips & Trik

Patut Disimak, Begini Cara Mengisi Freon AC Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Mei 2021

Ertiga0920

Cara mengisi freon AC mobil tidak langsung mengisi freon, melainkan harus memberikan pelumas. Tujuannya agar kompresor AC memiliki mesin yang terjaga dan mencegah kerusakan. 

Setelah Anda menutup kran tekanan rendah dan tinggi, maka pompa vakum perlu dilepas. Siapkan pelumas berukuran 5-10 cc ke dalam gelas, pelumas yang digunakan juga bukan oli mesin. Kemudian masukan selang manifold gauge ke dalam gelas tersebut. 

Pelumas akan tersedot masuk melalui selang ketika Anda mulai membuka katup kran tekanan rendah sedikit. Tutup kran apabila semua pelumas sudah masuk, kemudian tekan knop yang terdapat di tengah manifold gauge. 

Tujuannya adalah mengeluarkan udara yang terjebak di tengah. Jika pelumas sudah masuk maka Anda bisa mulai mengisi freon. 

    4. Mengisi dengan freon baru

Freon perlu diisi pada selang bertekanan rendah dan tinggi secara terpisah. Untuk pengisian pada saluran yang bertekanan tinggi dimulai dengan menaikkan tekanan pada tabung. Caranya adalah memanaskannya dengan charging station. 

Kemudian AC mobil juga harus dalam keadaan off selama pengisian. Ketika manifold gauges sudah terpasang, kran tekanan rendah perlu ditutup dan kran tekanan tinggi bisa dibuka. Tabung freon yang sudah dipanaskan kemudian dibalik agar bisa masuk ke saluran. 

Baca Juga : Efek Buruk Rem Parkir Jika Aktif Terlalu Lama

Nantinya yang masuk adalah freon cair dan bisa diisi sampai penuh. Selama proses ini nantinya cairan akan masuk ke kondensor karena semua katup sudah tertutup. Beda lagi dengan cara mengisi freon pada saluran tekanan rendah. 

Untuk mengisi pada saluran tekanan tinggi, AC harus menyala dan memiliki putaran 2000 sampai 3000 RPM di mana AC temperaturnya maksimal. Saluran untuk mengisi yang digunakan adalah S atau L kompresor AC. 

Manifold gauge dipasang terlebih dahulu kemudian kran pada tabung freon dibuka. Kran tekanan rendah perlu dibuka perlahan dan kran tekanan tinggi ditutup. Sehingga yang masuk adalah gas dan bukan cairan. 

Cara mengisi freon AC mobil pada saluran tekanan rendah ini juga tidak perlu membalik tabung freon.

Proses pengisian harus memperhatikan jarum manometer. Sistem akan terisi penuh ketika angka saluran tekanan rendah mencapai 1,5 sampai 2 bar. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya