Tips & Trik

Patut Disimak, Begini Cara Mengisi Freon AC Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Mei 2021

Ertiga0920

Sedangkan pada saluran tekanan tinggi harus mencapai angka 14,5 sampai 15 bar. Setelah sampai pada angka tersebut tutup kran dan lepaskan selang dan tutup tabung.

Langkah terakhir adalah melakukan pengecekan apakah tidak terjadi kebocoran pada sistem AC. Anda bisa memanfaatkan leak detector untuk mengetahui secara detail bahwa tidak terjadi kebocoran. 

Untuk mengetahui apakah freon sudah terisi penuh selain memperhatikan angka pada manometer, ada cara lain yang bisa dilakukan.

Cobalah memperhatikan putaran mesin, jika pada sight glass tidak memperlihatkan tanda-tanda gelembung freon maka sudah terisi penuh.

Ertiga(1)

Apa yang Terjadi Pada Mobil Jika Terlambat Isi Freon?

Jangan pernah terlambat untuk mengisi freon pada AC mobil. Ada beberapa masalah yang nantinya akan terjadi jika Anda mengabaikannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Suhu di kabin tidak lagi dingin

Karena tidak ada freon yang bisa mendinginkan suhu ruangan, maka kabin mobil akan terasa panas. Karena selain mengisi freon, kondisi AC juga akan dicek oleh teknisi untuk mengetahui apakah ada komponen seperti filter yang harus dibersihkan atau diganti. 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Syarat & Biaya Perpanjangan SIM A

    2. AC jadi berisik dan menimbulkan bau mengganggu

Akibat terlambat mengisi freon, maka akan timbul suara berisik ketika AC dinyalakan. Hal ini disebabkan karena ada sistem yang berkarat atau aus. Bau yang tidak sedap pun akan muncul ke dalam kabin. 

    3. AC tidak bisa menyala kembali

Masalah yang paling harus dihindari adalah AC akhirnya mati atau tak bisa menyala kembali. Berawal dari terlambat mengisi freon, AC mobil tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya dan akhirnya mengalami kerusakan mesin. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya