Tips & Trik

Tanda-tanda dan Penyebabnya Kompresi Mesin Motor Bocor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2023

Tanda Tanda Dan Penyebabnya Kompresi Mesin Motor Bocor

Angka yang ditunjukkan oleh jarum ini akan memberikan gambaran mengenai tekanan kompresi mesin Anda. Semakin besar angka yang ditunjukkan, semakin baik pula tingkat kesehatan kompresi mesinnya.

  • Catat Hasil Pengukuran

Setelah melakukan pengukuran, catat angka yang ditunjukkan oleh jarum indikator di compression gauge. Ini akan menjadi patokan untuk menilai kondisi kompresi mesin motor Anda.

Jika angka tekanan terlalu rendah, ini bisa mengindikasikan adanya kebocoran kompresi. Namun untuk penilaian lebih akurat, sebaiknya bandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi tekanan kompresi yang direkomendasikan pabrikan.

Cara Mengatasi Kompresi Mesin Motor Bocor

Dari pemeriksaan tanda-tanda kebocoran maupun pengukuran langsung menggunakan compression gauge, Anda bisa mengetahui apakah mesin motor Anda mengalami kebocoran kompresi atau tidak. Jika iya, ini beberapa cara untuk mengatasinya:

  • Ganti Ring Piston atau Lakukan Penyetelan

Jika penyebab kebocoran kompresi adalah ausnya ring piston, langkah pertama yang dapat diambil adalah melakukan penggantiannya. Selain itu, pastikan untuk melakukan penyetelan piston sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrikan.

  • Perbaikan atau Penggantian Liner Silinder

Baca Juga : Catat, Inilah gejala PCV Valve Rusak Pada Mobil

Apabila liner silinder mengalami kerusakan atau baret, perbaikan atau penggantian mungkin diperlukan. Selain itu, proses korter untuk memperhalus dinding silinder dengan cara dibubut juga dapat menjadi solusi.

  • Ganti Klep Mesin dan Periksa Dudukannya

Klep yang bocor sering kali disebabkan oleh penumpukan kerak karbon. Langkah yang bisa diambil adalah mengganti klep mesin yang bocor dan memeriksa dudukan klep. Anda juga bisa melakukan proses sekur (penggosokan bagian klep dan silinder).

  • Penyetelan Ulang Klep

Jika ternyata klep mesin Anda kondisinya baik-baik saja, kemungkinan penyebabnya adalah setelan klep terlalu rapat. Jadi, lakukan penyetelan ulang sesuai rentang yang disarankan oleh pabrikan dan sesuai dengan kebutuhan mesin.

Agar proses pengecekan dan perbaikan kompresi mesin motor bocor menjadi lebih aman dan maksimal sesuai standar pabrikan, pastikan untuk melakukan servis di bengkel resmi. Sekarang, Anda bisa booking service online di bengkel Suzuki melalui halaman ini!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya