Tips & Trik

Tanda-tanda dan Penyebabnya Kompresi Mesin Motor Bocor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2023

Tanda Tanda Dan Penyebabnya Kompresi Mesin Motor Bocor

Untuk memastikannya, Anda dapat mencoba memutar posisi kunci kontak ON dan OFF beberapa kali. Hal ini juga bisa membantu membangkitkan tekanan bahan bakar pada mesin EFI sebelum mesin motor dinyalakan.

  • Suara Mesin Terdengar Lebih Kasar

Kompresi yang bocor juga dapat mengakibatkan suara mesin menjadi kasar dan tidak normal. Hal ini disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna. Jadi, jika Anda mendengar suara udara yang kasar dari ruang mesin, ini dapat menjadi indikasi.

  • Tenaga Kendaraan Berkurang

Penurunan kompresi berarti jumlah gas yang dibakar oleh mesin menjadi lebih sedikit. Dampaknya, tenaga mesin akan berkurang drastis. Penurunan ini akan sangat terasa, terutama saat kendaraan mencapai top speed atau sedang membawa beban.

  • Oli Mesin Jadi Cepat Habis

Selanjutnya, masalah kompresi mesin motor bocor dapat membuat oli mesin mengalir ke ruang bakar dan ikut terbakar selama proses pembakaran. Itu sebabnya, hal ini dapat menyebabkan oli mesin dalam waktu tertentu menjadi cepat habis.

  • Keluar Asap Putih dari Knalpot

Tanda kebocoran kompresi yang terakhir adalah keluarnya asap putih dari knalpot. Namun, pastikan untuk memeriksanya dengan baik karena asap putih ini juga bisa disebabkan oleh kebocoran oli, ring kompresi, gasket, dan kerusakan blok mesin.

Penyebab Kebocoran Kompresi Mesin Motor

Baca Juga : Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Waktunya untuk Diganti

Mesin motor yang kompresinya bocor bisa menjadi masalah serius jika tidak segera diidentifikasi dan ditangani. Agar bisa mengatasinya dengan tepat, ketahui dulu apa saja penyebab terjadinya kebocoran tersebut, di antaranya yaitu:

  • Piston dan Ring Piston yang Sudah Aus

Piston dalam mesin motor terus bergerak naik turun di dalam silinder. Namun lama kelamaan, piston dapat mengalami keausan, dan celah antara piston dan dinding silinder pun menjadi lebih besar.

Keausan ini dapat terjadi karena pelumasan yang kurang optimal atau karena usia mesin sudah cukup tua. Kondisi ini membuat kompresi dapat bocor melalui celah piston dan dinding silinder.

  • Liner Silinder yang Rusak atau Baret

Selain keausan pada komponen piston, kondisi kompresi mesin motor bocor juga bisa terjadi karena masalah pada liner silinder. Liner silinder merupakan komponen penting yang menjadi tempat naik turunnya piston.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

As Roda

Penyebab As Roda Mobil Patah

As roda merupakan komponen penggerak esensial agar mobil bisa berjalan dengan baik. Apabila poros tersebut patah, maka hal ini dapat menimbulkan risiko kecelakaan.  Fenomena ...

selengkapnya