Tips & Trik

Peredam Suara Mobil : Keuntungan dan Kerugiannya

PUBLISHED DATE : 21 Juni 2021

Scross

Keuntungan pertama yang akan diperoleh jika menggunakan peredam suara untuk mobil adalah audio bisa lebih jelas dan enak didengar. Hal ini tentu saja akan menguntungkan bagi Anda yang senang mendengarkan musik di perjalanan, karena lagu bisa terdengar lebih jernih di telinga.

Audio mobil ini bisa lebih jelas dan enak didengar karena tidak tercampur dengan suara bising dari luar. Peredam suara tersebut membuat suara bising yang berasal dari luar tidak terlalu jelas dan besar volumenya, sehingga penumpang mobil bisa mendengarkan suara audio dengan fokus dan nyaman.

  • Mobil Menjadi Kian Nyaman Saat Dikendarai

Menggunakan peredam mobil ternyata juga membuat kendaraan menjadi lebih nyaman untuk dikendarai. Hal ini karena pengemudi bisa lebih fokus untuk memperhatikan jalanan sekitar tanpa harus terganggu dengan suara bising yang berasal dari dalam komponen maupun luar mobil sendiri.

Hal yang membuat pengemudi bisa berkendara lebih nyaman saat memasang peredam suara pada mobil adalah karena tidak perlu mendengarkan suara mesin sendiri. Mesin mobil mempunyai suara yang cukup keras, sehingga mengganggu konsentrasi pengemudi jika tidak menggunakan peredam.

  • Suara Ban Mobil Tidak Terlalu Terdengar

Baca Juga : Panduan Aman Berkendara Mobil Ketika Terjadi Gempa

Keuntungan terakhir dari penggunaan peredam pada mobil adalah membuat suara ban tidak terlalu terdengar. Pemasangan peredam pada lantai mobil akan membuat suara gesekan ban dengan aspal maupun bebatuan tidak terlalu terdengar agar Anda bisa mengemudi dengan nyaman.

Peredam ini juga ternyata bisa dipasang di bagian plafon mobil agar suara hujan tidak terlalu menakutkan saat Anda berada dalam kendaraan ini. Di samping itu, peredam pada mobil ini juga efektif untuk mengurangi suara dari mesin yang akan masuk ke dalam kabin.

Kerugian Menggunakan Peredam Suara Mobil

Pemasangan peredam suara mobil ternyata juga bisa menimbulkan beberapa kerugian, sehingga harus dilakukan dengan hari-hati. Simak ulasan berikut mengenai apa saja kerugian yang mungkin dialami saat Anda menggunakan komponen peredam suara pada mobil.

  • Berbahaya Jika Suara Sekitar Tidak Terlalu Terdengar dengan Jelas

Hal pertama yang menjadi salah satu kerugian ketika menggunakan peredam suara untuk mobil adalah suara sekitar bisa saja tidak terlalu terdengar. Anda bisa saja tidak terlalu mendengar suara dari luar karena memasang peredam di bagian dalam kendaraan, sehingga mobil terlalu senyap.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya