Tips & Trik

Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi? Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/2__Allnew_ERtiga_(2).jpg

Bagaimana jika transmisi matic tidak mau pindah gigi secara mendadak? Anda pasti akan langsung khawatir dan langsung panik dalam laju kendaraan. Apalagi ketika sedang berada di jalan raya. 

Mobil matic saat ini selalu menjadi pilihan utama karena operasionalnya yang cukup praktis dengan hadirnya transmisi otomatis. Namun bukan berarti transmisi tidak bisa mengalami kerusakan. 

Cek secara lengkap apa saja penyebab transmisi bisa mengalami kegagalan perpindahan gigi serta solusinya. 

Baca Juga : Ketahui, Ini Cara Kerja dan Fungsi Kondensor AC Mobil

Apa Saja Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi 

Perseneling tersangkut bisa terjadi kapan saja, apalagi jika usia mobil sudah tua. Biasanya terjadi kerusakan pada transmisi yang perlu diwaspadai. 

Efek berbahaya ketika transmisi tersangkut bukan hanya kecelakaan. Kerusakan pada bagian transmisi yang bisa menjalar pada komponen lainnya pun dikhawatirkan. 

Baca Juga : Perlukah Tangki BBM Mobil Diiisi Sampai Penuh?

Gangguan pada transmisi secara umum bukan karena usia mesin yang sudah lama tetapi juga kurang atau jarang melakukan servis rutin. 

Apa saja penyebab transmisi matic tidak mau pindah gigi yang bisa Anda perhatikan, cek langsung di halaman berikutnya. 

______________________________________________________________________________________________

  • Switch Rem yang Bermasalah 

Baca Juga : Perlu Dicatat, Ini Alasan Minyak Kopling Mobil Rutin Diganti

Penyebab yang pertama dan sering jadi langganan adalah karena switch rem tidak ikut tertekan ketika Anda menginjak pedal rem. Akibatnya tuas transmisi yang otomatis berpindah jadi gagal. 

Cara mengetahui apakah penyebabnya adalah switch rem bisa dicek melalui lampu rem. Apabila Anda menginjak pedal rem namun lampu rem tidak menyala artinya terdapat masalah. 

Pemeriksaan lebih lanjut mengenai kinerja switch rem pun diperlukan. Bisa saja masalah karena perlu penyetelan ulang atau karena harus diganti yang baru. Langkah pemeriksaannya sendiri tidak terlalu sulit. 

Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek kondisi switch rem pada mobil. 

  • Buka terlebih dahulu fuse box di ruang mesin, kemudian periksalah fuse tail lamp yang terdapat di balik tutup box sekring. Cek apakah sekring putus, caranya tinggal mencabut sekring dan lihat di bagian penghantar arusnya. 
  • Apabila sekring putus, Anda bisa menggantinya dengan ukuran yang sama. Pengecekan selanjutnya ada di bagian soket karena bisa saja kendur. Anda hanya perlu mengencangkannya saja hingga berbunyi klik. 
  • Terakhir adalah jika sekring dan soket tidak bermasalah maka mungkin saja setelah switch rem tidak pas. Anda bisa mencoba menyetel ulang dengan kunci pas ukuran 12mm dan putar ke arah kiri atau kanan sampai benar. 

Apa yang harus Anda lakukan jika setelah dicek switch rem tidak bekerja, cek di halaman berikutnya. 

______________________________________________________________________________________________

Apabila setelah dicek ternyata tidak ada masalah artinya Anda harus mengganti switch dengan yang baru. 

  • Kotornya Switch Rem 

Masalah transmisi matic tidak mau pindah gigi juga bisa disebabkan oleh kotornya switch rem. Biasanya kotoran atau sisa oli yang menumpuk akan menjadi kerak yang membuat switch rem tidak bisa bekerja dengan baik. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya